BreakingNews

Amil Zakat

Oleh : sayed Muhammad Husen Amil adalah pengelola zakat. Amil merencanakan, menghimpun, mendistribusikan, mendayagunakan dan mengadministrasikan zakat. Dalam tradisi Islam, amil diangkat oleh negara (baca: pemerintah).  Menurut AlQuran, amil bagian dari delapan senif penerima zakat, sementara sunnah Rasulullah, juga mengangkat amil untuk mengambil dan membagi zakat kepada mustahik (yang berhak menerima zakat). Dalam praktek sekarang, … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Oleh : sayed Muhammad Husen
Amil adalah pengelola zakat. Amil merencanakan, menghimpun, mendistribusikan, mendayagunakan dan mengadministrasikan zakat. Dalam tradisi Islam, amil diangkat oleh negara (baca: pemerintah).  Menurut AlQuran, amil bagian dari delapan senif penerima zakat, sementara sunnah Rasulullah, juga mengangkat amil untuk mengambil dan membagi zakat kepada mustahik (yang berhak menerima zakat).
Dalam praktek sekarang, kita mengenal istilah karyawan/pegawai amil dan badan/lembaga amil. Karyawan/ pegawai amil yaitu orang-orang yang bekerja profesional dan penuh sebagai amil, sementara badan/lembaga amil adalah institusi resmi yang dibentuk pemerintah atau insiatif masyarakat yang keberadaannya diakui oleh negara.
Diluar itu, tentu masih ada amil yang belum terjangkau regulasi negara. Dari pengalaman pengelolaan zakat di Aceh, masih muncul masalah menajemen SDM karyawan/pegawai amil. Siapa sebenarnya karyawan/pegawai amil yang bekerja di Baitul Mal? Sebab, pada badan resmi pengelola zakat ini terdiri dari PNS dan non PNS. PNS bekerja di Sekretariat Baitul Mal, sementara non PNS menjabat sebagai pengurus/badan pelaksana Baitul Mal. Belum ada konsensus, bahwa semua yang bekerja di Baitul Mal adalah amil zakat.
Karena itu, perlu pengaturan yang konprehensif tentang keamilan ini: siapa karyawan/pegawai amil? Apa syarat dan kriteria yang harus dipenuhi seorang amil? Patut diatur juga, bagaimana mekanisme rekrutmennya, pelatihan dan magang, apa hak dan kewajiban, penggajian, dana pensiun hingga pengembangan karier amil. Bahkan, satu hal penting lainnya: jaminan atau proteksi terhadap profesi amil.
Pengaturan keamilan kita anggap penting dan mendesak untuk memberikan kepastian hukum terhadap karyawan amil yang sedang bekerja di Baitul Mal Aceh dan Baitul Mal Kab/Kota seluruh Aceh. Dengan adanya kepastian hukum akan memberikan kenyaman kerja, perlindungan dan harapan masa depan profesi amil. Mareka benar-benar dapat bekerja sebagai amil profesional dan menghindari sikap suka tak suka dari pimpinan atau intervensi politik.
Demikian juga, diperlukan iklim kondusif dalam rekrutmen pimpinan amil, sehingga kepemimpinan Baitul Mal dapat dipilih dari orang-orang yang memiliki kompetensi di bidangnya. Bukan ditunjuk atau ditetapkan berdasarkan konsensus politik tim sukses tertentu. Dengan begitu, amil akan mendapat kepercayaan ummat.

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Isra Mi'raj Kekinian

GEMA JUMAT, 5 APRIL 2019 Selasa (2/4/2019), almanak libur nasional berkaitan dengan  Isra Mi’raj. Penetapan liburan ini untuk mengingatkan umat Islam mengenang perjalanan Rasulullah berkaitan

Potensi Waqaf Produktif di Wilayah Simeulue

Oleh : Nelly, S.Pd, M.Pd, Guru Matematika SMAN 1 Salang Ditengah problem sosial masyarakat Indonesia dan tuntutan akan kesejahteraan ekonomi, akhir-akhir ini keberadaan lembaga wakaf

Mengembalikan Kejayaan Islam

GEMA JUMAT, 26 JULI 2019 Mursalin Basyah, Lc. M. Ag Sejarah Islam telah mencatat bahwa peradaban Islam memegang rekor tercepat dan terbesar dalam mempengaruhi dan

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman