Aqar Qurban Terbagi Merata

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Potensi qurban di Indonesia dan

...

Potensi qurban di Indonesia dan Aceh khususnya memang selalu meningkat setiap tahunnya, Namun pendistribusian qurban dinilai belum dapat menyentuh seluruh wilayah.  Hal ini dituntut para panitia qurban, baik secara lembaga resmi atau masyarakat harus menyiasati mekanisme dan strategis pendistribusian dengan cara yang baik. Agar Hewan dan daging qurban tidak menumpuk pada sebuah wilayah tertentu saja, tapi juga menyentuh wilayah yang tidak ada tersedianya hewan qurban.

Lebih lagi `kecendrungan masayarkat kita masih menggunakan cara-cara tradisional. Yakni para pequrban menyalurkan qurbannya di wilayah masing-masing untuk dapat menyaksikan langsung pemotongan hewan qurbannya sebagaimana yang disunahkan dalam syariat agama.

Untuk menghindari tidak terjadinya penumpukan di sebuah daerah, ada yang mengusulkan bahwa salah satunya pembagian daging kurban memang seharusnya tidak dilakukan dengan menggunakan mekanisme antrian kupon. Selain itu dengan cara distriobusi seperti juga berpotensi banyak terjadinya penerimaan ganda. Artinya, satu orang bisa mendapat satu paket lebih.

Jadi, pembagian dengan cara menyerahkan langsung ke masyarakat,  Akan tetapi, sebaiknya panitia qurban ikut pula menyalurkan sebagian hewan qurban hidup ke masjid-masjid atau mushalla yang hewan qurbannya sedikit. Juga untuk wilayah-wilayah tertentu, seperti pendalaman dan pulau terluar yang tidak ada sama sekali tidak ada ketersediaan hewan quran.

Hal ini selain sebagai wujud aspek pemerataan, hal itu juga untuk menyemarakkan masjid atau mushalla kecil di seluruh penjuru nusantara yang banyak kekurangan hewan kurban.

Untuk Masjid besar di setiap daerah diharapkan dapat mengimplementasikan di daerahnya masing-masing. Itu bisa dilakukan dengan pendataan setiap desa.

Dengan adanya kerjasama antara pemerintah desa dengan panitia pemotongan hewan kurban di masjid besar di setiap daerah. Sehingga pemerataan bisa benar-benar diwujudkan.

Dialog

Pustaka Baiturrahman

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman