Bahagia Melayani Jamaah Beribadah

Safrida binti Hasyem, Khadam Masjid Raya Baiturrahman Kehidupan keluarga Safrida memang pas-pasan. Suaminya, Tgk. Abdul Razak (47 tahun) yang semula pedagang ikan akhir-akhir ini sering sakit-sakitan, sehingga beliau tidak dapat bekerja berat. Safrida yang hanya berpendidikan SMA ini meminta ridha suami untuk membantu mencari nafkah guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Alhamdulillah suami mengizinkan dan saya diterima … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Safrida binti Hasyem, Khadam Masjid Raya Baiturrahman

Kehidupan keluarga Safrida memang pas-pasan. Suaminya, Tgk. Abdul Razak (47 tahun) yang semula pedagang ikan akhir-akhir ini sering sakit-sakitan, sehingga beliau tidak dapat bekerja berat.

Safrida yang hanya berpendidikan SMA ini meminta ridha suami untuk membantu mencari nafkah guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Alhamdulillah suami mengizinkan dan saya diterima bekerja di Masjid Raya Baiturrahman sebagai khadam,” ujarnya.

Perempuan berusia 38 tahun kelahiran Blang Krueng ini bekerja sebagai cleaning servis di Masjid Raya Baiturrahman (MRB) sejak 2017. “Saya di masjid raya ditugaskan membersihkan halaman dekat kolam,” tambahnya. Kini ia kembali bekerja di bagian luar MRB, sebagaimana saat sesi pemotretan ia tengah mencabut rumput di taman tepi kolam.

“Saya sangat bersyukur dan senang dapat bekerja selain mendapat rezeki juga bisa beramal membersihkan rumah Allah serta banyak waktu beribadah di masjid raya,” katanya. Ibu yang dianugerahi enam putra-putri ini turut berbahagia dapat melayani warga dan jamaah agar nyaman beribadah dan saat berkunjung di MRB.

Bahagianya bertambah karena sebagai pusat ibadah dan kegiatan hari-hari besar Islam, MRB ramai dihadiri jamaah. Seperti semalam, Kamis (4/8) digelar Pembukaan Festival Ekonomi Syariah, di mana Zafran Zavir putra sulungnya turut pentas Rapai Geleng di halaman MRB.

MUSIBAH TERBAKAR

Dalam keterbatasan ekonomi, keluarga Tgk. Abdul Razak – Safrida memiliki balai pengajian persis bersebelahan dengan rumahnya di Blang Krueng, Baitussalam – Aceh Besar. Suaminya sebagai teungku dibantu Tgk. Jamal dan Tgk. Am rutin membimbing pengajian di Balee Darul Rizki. Qadarullah,  balai pengajian Darul Rizki ludes terbakar beberapa waktu lalu.

Musibah terjadi Maghrib menjelang Isya, Jumat tanggal 15 Juli. “Saya baru selesai shalat Maghrib di ruang tamu rumah kami. Saya mendengar suara geratak-geretek,  bunyinya seperti sampah atau ranting dibakar dari arah balai,” Sebut Safrida.

Ia mendekati sumber suara, terlihat api besar sudah melahap sebagian balai panggung serba kayu itu. Menurutnya, tidak ada orang lain di situ karena dalam suasana libur Idul Adha. “Saya hanya berdua bersama Rahmatullah yang masih kecil. Sambil membawa Rahmat ke rumah tetangga saya berteriak meminta tolong.

Diperkirakan api bersumber akibat arus pendek penghubung sound system bagian depan balee. Api sudah sebagian melahap tempat pengajian berbahan kayu dalam sekejap. Balee Darul Rizki  terbakar habis dan merembet membakar bagian dapur rumah. Sedangkan rumah masih utuh.

Tiga kendaraan roda dua milik mereka dan saudara yang di parkir dan beberapa karung beras yang ada di bawah balee turut terbakar. Vario matic yang setia menemaninya pergi-pulang sebagai khadam ke MRB juga tinggal kerangka. Kerugian lain, becak barang yang biasa dipakai mengangkut sound system dan keperluan lain bila ada kegiatan warga sekitar.

Safrida sempat pingsan, sedangkan suaminya setelah shalat Maghrib lalu silaturahim ke rumah ibunya masih di desa yang sama setiba di rumah bagian bangunan balee ludes semua.

“Alhamdulillah keluarga selamat dan rumah tetap utuh. Semoga Allah memberikan rezeki agar balai pengajian sebagai tempat beramal kami dapat segera dibangun lebih baik lagi,” tuturnya. Bila dana sudah ada, Balai Darul Rizki akan dibangun kembali di tanah milik sendiri tidak jauh dari lokasi ini. Ayo, siapa mau membantu! NA RIYA ISON

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Hidup Sehat dari Makanan Halal

GEMA JUMAT, 26 OKTOBER 2018  Muslim dituntut menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Kebersihan diri mencakup kebersihan hati dan tubuh. Hati yang kotor salah satu

Sekolah Berkualitas untuk si Buah Hati

GEMA JUMAT, 12 JANUARI 2018 Tolok ukur dalam memilih lembaga pendidikan bagi anak sebaiknya memperhatikan, guru-guru yang mengajar di sekolah tersebut, kualitas lulusan yang berhasil

Muhammad Nabi Teladan Umat

GEMA JUMAT, 01 DESEMBER 2017 Oleh : Tgk. H. Mutiara Fahmi Razali, Lc. MA (Khatib Dosen Fiqh Siyasah Prrodi Hukum Tata Negara (Siyasah) Fakultas Syari’ah

SEBAGIAN BUKTI KEKUASAN ALLAH DI DUNIA

GEMA JUMAT, 12 JULI 2019 Prof. Dr. Tgk. H. Azman Ismail, MA (Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman) Sungguh mereka telah mendustakan (Al Quran), maka kelak

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman