Dayah dan Perubahan Sosial

Gema JUMAT, 6 November 2015 Oleh: Sayed Muhammad Husen Perubahan sosial adalah sunnatullah. Perubahan terus terjadi. Tak terbendung. Perubahan itu akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan manusia yang terus meningkat dan dampak globalisasi. Manusia tak pernah puas terhadap apa yang telah dicapai, maka berupaya memperbaiki kualitas hidup supaya lebih baik. Kualitas hidup yang diharapkan … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Gema JUMAT, 6 November 2015
Oleh: Sayed Muhammad Husen
Perubahan sosial adalah sunnatullah. Perubahan terus terjadi. Tak terbendung. Perubahan itu akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebutuhan manusia yang terus meningkat dan dampak globalisasi. Manusia tak pernah puas terhadap apa yang telah dicapai, maka berupaya memperbaiki kualitas hidup supaya lebih baik. Kualitas hidup yang diharapkan itulah kemudian menjadi arah perubahan.
Menurut pandangan Islam, perubahan diarahkan dan dikendalikan syariat Islam. Rekayasa perubahan itu sendiri ditentukan oleh pribadi dan jamaah muslimin yang taat menjalankan ajaran Islam dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Sehingga tujuan perubahan dapat mencapai masyarakat atau negara yang diridhai Allah SWT. Perubahan yang menjamin tegaknya kedaulatan Islam, ketinggian Islam dan ummatnya.
Dalam konteks ini, dayah di Aceh merupakan salah satu komponen ummat pengendali perubahan. Dayah memiliki visi, sumber daya manusia dan aset sebagai modal utama merancang dan melakukan perubahan yang diharapkan. Dengan pengalaman dan dinamika kedayahan, dipastikan perubahan di bawah pengaruh dayah tak kehilangan arah. Tetap berada dalam celupan dienul Islam.
Pertanyaannya, seberapa kuat dayah berhadapan dengan perubahan yang begitu cepat dan telah menggoyahkan nilai-nilai tradisional dalam masyarakat Aceh sekarang ini? Dalam hal ini, sepertinya dayah bukan lagi unsur dominan. Aceh modern lebih banyak dipengaruhi pendidikan sekuler, media massa dan birokrasi pemerintah. Arah perubahan Aceh baru seakan “dikendalilkan” nilai-nilai nasional dan internasional.
Kita melihat, dayah telah berupaya responsif terhadap kemajuan yang ada, misalnya dengan mengizinkan santri untuk sekolah/kuliah, membuka dayah modern/terpadu, dayah teknologi informasi, dayah tahfi dz dan dayah tinggi atau perguruan tinggi di lingkungan dayah. Dampaknya, 20 tahun terakhir, internal dayah di Aceh mampu merespon dinamika kemajuan pendidikan dan mengimbangi pendidikan sekuler.
Hanya saja, dayah tak boleh berhenti mensiasati perubahan zaman. Perubahan internal dayah sebenarnya juga sunnatullah. Untuk itu, penataan manajemen, inovasi kurikulum dan penguatan SDM pengajar (guree) perlu terus dilakukan. Ini supaya dayah tak ketinggalan zaman atau ditingalkan zaman. Supaya dayah tak hanya tinggal sebagai obyek wisata pendidikan tradisional. Tapi dayah masa depan menjadi model sistem pendidikan modern dan canggih di Aceh.

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Tgk. Ibnu Arhas Pendakwah dan Seniman Otodidak

“Namun karena Aceh berbingkai syariat Islam, kita komit untuk mendukung syariat Islam secara kaffah. Mari kita pelihara dan jaga batas-batas seni itu agar tidak menjadi benturan dengan syariat Islam,” pintanya.

SIKAP NON MUSLIM TERHADAP MUSLIM

GEMA JUMAT, 28 APRIL 2017 Prof. Dr. Tgk. H. Azman Ismail, MA (Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman) Surat Al-Maidah ayat 82 Sesungguhnya kamu dapati orang-orang

ANCAMAN BAGI PENCELA

GEMA JUMAT, 12 MEI 2017 Khutbah OLEH : DR.TGK.H.A.MUFAKHIR MUHAMMAD, MA Allah berfirman dalam Surat Al- Humazah mulai ayat 1 sampai dengan ayat 9 “Celakalah

Mensyukuri Keselamatan dari Huru-Hara

Gema, 29 Mei 2018 Oleh Dr. Sri Suyanta (Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry) Muhasabah 13 Ramadhan 1439 Saudaraku, di antara fadhilah

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman