Fasilitasi Anak Yatim Berkelanjutan

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Memperingati 18 tahun bencana tsunami

...

Memperingati 18 tahun bencana tsunami yang melanda Aceh pada 2004 silam, Pemerintah Aceh memberikan santunan pada puluhan anak yatim yang berasal dari kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar, Senin (26/12/2022).

Pemberian santunan di Restoran Meuligoe Gubernur Aceh itu dilakukan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Achmad Marzuki yang didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal.

Penyerahan santunan itu, kata Almuniza menjadi momentum renungan bagi masyarakat Aceh untuk saling berempati dengan para anak yatim sekaligus mengenang arwah para syuhada yang meninggal di tengah gempa bumi dan gelombang tsunami pada 26 Desember 2004 silam.

“Namun tujuan dari semua itu adalah harus mampu mengambil hikmah di balik semua cobaan itu, serta terus meningkatkan taqwa dan rasa syukur kita kepada Allah SWT,” pungkas Almuniza, seperti dilansir acehprov.go.id.

Setelah 18 tahun tsunami tentu saja kita tidak menemukan lagi anak yatim akibat bencana gempa dan tsunami. Mereka umumnya sudah kuliah, sebagian lagi telah selesai kuliah dan bahkan ada yang sudah bekerja atau mandiri.

Pelajaran penting dari tsunami 2004 adalah kesadaran mengurus anak yatim berkelanjutan. Kesadaran ini telah ditunjukkan berbagai komponen masyarakat lokal, nasional dan internasional pasca tsunami. Semua pihak ikut ambil bagian mengurus anak yatim.

Tugas kita selanjutnya adalah mengurus anak yatim lebih baik laik lagi, termasuk membantu anak-anak dari keluarga miskin, anak stanting, dan anak korban kekerasan. Negara dan masyarakat sipil harus menyediakan ruang dan fasilitas yang memadai untuk mereka tumbuh, berkembang, dan mandiri.

Anak adalah wajah Aceh masa depan. Untuk itu, seharusnya kita urus anak yatim dan anak dari keluarga miskin hingga mereka mampu membangun Aceh yang lebih baik di masa akan datang. Caranya: fasilitasi kesehatan dan pendidikan mereka yang memadai. Tak cukup hanya dalam bentuk santunan tahunan.

Dialog

Pustaka Baiturrahman

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman