BreakingNews

Gaya Hidup Sehat Muslim

Hidup sehat merupakan dambaan setiap muslim. Sehat badan, sehat jiwa dan sehat sosial memungkinkan setiap orang hidup produktif. Demikian juga pemeliharaan kesehatan merupakan upaya penanggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan. “Hidup sehat pada dasarnya ada dua, yaitu sehat jasmani dan rohani,” kata dr Arifdian dari Rumah Sakit Jiwa Banda Aceh. Menurut dia, menjaga kesehatan rohani dapat … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Hidup sehat merupakan dambaan setiap muslim. Sehat badan, sehat jiwa dan sehat sosial memungkinkan setiap orang hidup produktif. Demikian juga pemeliharaan kesehatan merupakan upaya penanggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan.
“Hidup sehat pada dasarnya ada dua, yaitu sehat jasmani dan rohani,” kata dr Arifdian dari Rumah Sakit Jiwa Banda Aceh.
Menurut dia, menjaga kesehatan rohani dapat dilakukan dengan cara beribadah, berpikir positif, mengerti kekurangn orang lain dan banyak senyum. “Jika rohaninya sudah sehat, lebih mudah mewujudkan sehat fisik,” ujarnya.
“Menjaga kesehatan fisik dengan cara berolah raga, pola dan menu makan teratur, sehat dan bergizi tidak banyak pengawet,” lanjut Arifdian.
Makanan yang dikonsumsi setiap hari berperan penting dalam mencegah berbagai penyakit kanker. Beberapa makanan sehat seperti brokoli, bayam, kacang, alpukat, yogurt, cokelat hitam, blueberries, benih lenan, ikan salmon dan bawang putih. “Yang paling penting bagaimana menjaga makanan kita dengan cara yang halal,” kata Arifdian.
Tips sehat rasul Ada beberapa tips hidup sehat Rasulullah SAW yang juga terbukti secara ilmiah, seperti Rasulullah SAW tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan, duduk ketika hendak minum, makan dengan tangan kanan, cepat tidur dan cepat bangun dan sering berpuasa.
Menurut Thibbun Nabawi, adab makan Rasulullah SAW ajarkan seperti tidak mencela makanan yang tidak disukai, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, membaca Basmalah dan Hamdalah.
Rasulullah SAW bersabda: “Jika seseorang diantara kamu hendak makan, maka sebutlah nama Allah SWT. Dan jika ia lupa menyebut nama-Nya pada awalnya, maka bacalah, ’Bismillahi awwalahu wa akhirahu’ (Dengan menyebut nama Allah SWT pada awalnya dan pada akhirnya).” (HR Abu Dawud).
Rasulullah mengajarkan supaya makan menggunakan tangan kanan, tidak bersandar ketika makan, memakan makanan yang terdekat dahulu, makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang, menjilat tangan ketika makan tanpa sendok atau garpu, membuang kotoran dari makanan yang terjatuh lalu memakannya, makan dan minum sambil duduk dan tidak bernafas ketika minum dan menjauhkan mulut dari tempat minum ketika bernafas.
Selanjutnya, tidak berprasangka buruk jika makan ditemani orang yang berpenyakit, tidak duduk pada meja yang dihidangkan makanan haram, mendo’akan yang mengundang makan, dan menutup tempat makan dan minum. Rasulullah SAW bersabda, “Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya.” (HR Bukhari). Plt Ketua MPU Aceh, Dr Tgk H Muslim Ibrahim MA, mengutip hadits Rasulullah, “Kami adalah orang yang hanya makan di waktu lapar dan berhenti sebelum kenyang.” Maka bagilah perut kita menjadi tiga bagian, pertama untuk makanan, minuman dan pernafasan, jangan makan sampai menimbulkan mudharat.
Rasulullah SAW mengajari ummatnya untuk biasa hidup sehat. Dengan budaya peucicap diberikan makanan pertama yang manis-manis seperti buah kurma. Buah kurma yang disunatkan diberikan pada bayi baru lahir ini punya kelebihan sebagai imun terhadap tubuh, sehingga bayi tidak mudah sakit.
“Saya pikir, makanan empat sehat lima sempurna, sudah cocok dengan ajaran Islam,” kata Muslim Ibrahim. Muslim mangatakan, memakan makanan halal itu terbukti lebih baik secara ilmiah maupun medis, seperti contoh kita makan ayam dimasak setelah bersih dicuci, itu jauh lebih baik dan sehat daripada makan ayam setelah dipotong langsung dimasak tanpa dicuci.
Karena itu, sudah seharusnya kita membangun kesadaran kaum muslimin supaya memiliki gaya hidup sehat. Sebab dengan kesehatan prima, seorang muslim dapat mengemban misinya sebagai penerus risalah Islam di muka bumi. (Nurjannah Usman)
 

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Mensyukuri Al-Mu'izz

Oleh Dr. Sri Suyanta (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry) Muhasabah 11 Zulhijah 1439 Saudaraku, muhasabah hari ini yang bertepatan dengan hari tasyrik pertama

Sarjana tapi Pengangguran

Sore hari ini tak sama dengan sore kemarin. Langit terlihat masih basah menurunkan rintik-rintik air yang mengguyur bumi. Jam menunjukkan pukul 17.00 Wib. Waktunya para

Jadilah Golongan yang Sedikit

GEMA JUMAT, 13 OKTOBER 2017 Banda Aceh (Gema) – Kebanyakan manusia yang paling banyak disebut‎kan dalam Alquran ‎adalah orang-orang yang ingkar dan menentang perintah Allah

ORANG YANG LEMAH IMANNYA

Gema JUMAT, 22 JULI 2016 Prof. DR. TGK. H. Azman Ismail, MA (Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman Surat al-Maidah ayat 52-53 Maka kamu akan melihat

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman