Kepala KUA Diminta Inventarisir Tanah Wakaf

Banda Aceh (Gema) — Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Banda Aceh, Abrar Zym meminta semua Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan di Kota Banda Aceh menginventarisasi semua tanah wakaf di wilayah kecamatannya masing-masing untuk mempercepat sertifikasi tanah wakaf. Hal tersebut disampaikan Abrar pada rapat koordinasi pembinaan tanah wakaf dengan para Kepala KUA Kecamatan se-Kota … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Banda Aceh (Gema) — Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Banda Aceh, Abrar Zym meminta semua Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan di Kota Banda Aceh menginventarisasi semua tanah wakaf di wilayah kecamatannya masing-masing untuk mempercepat sertifikasi tanah wakaf.

Hal tersebut disampaikan Abrar pada rapat koordinasi pembinaan tanah wakaf dengan para Kepala KUA Kecamatan se-Kota Banda Aceh di Station Coffee Premium, Selasa (7/2/2023).

Menurut Abrar, hal ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman (MoU) antara Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Aceh dengan Kepala Kanwil BPN (Badan Pertanahan Nasional) Aceh dan Kejaksaan Tinggi Aceh, yang dilanjutkan dengan MoU antara Kepala Kankemenag dan Kejaksaan Negeri seluruh Aceh.

Abrar menambahkan, masih banyak permasalahan dalam administrasi dan pengelolaan tanah wakaf. “Masih banyak tanah wakaf yang belum memiliki sertifikat, bahkan Akta Ikrar Wakaf (AIW) juga belum ada,” ujar Abrar.

Dia meminta Kepala KUA menyelesaikan semua data tanah wakaf, biar jelas yang mana dan apa yang harus ditindaklanjuti. Tugas Kepala KUA sebagai Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) juga menginventarisasi tanah-tanah wakaf di wilayahnya. Oleh karena itu, ia berharap permasalahan tanah wakaf arus selesai tahun 2023 ini.

“Jadi, tahun ini kita harus menyisir tanah wakaf, mana yang sudah bersertifikat atau belum, atau bahkan belum memiliki AIW,” ujarnya. Ia berharap, penyuluh agama Islam mengambil peran dalam percepatan penyertifikatan tanah wakaf. (Sayed M. Husen)

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Patuh kepada Perintah

“Wahai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan kepada para pemimpin di antara kamu. Kemudian jika kamu berselisih pendapat tentang sesuatu, maka

Alhamdulillah, Inilah Rezeki Kita

Hamidah Binti Sulaiman merasa bersyukur. Di usianya memasuki senja masih dapat bekerja. Bahkan hasil jerih kerja sebagai petugas kebersihan di Masjid Raya Baiturrahman (MRB) juga

Pelantikan Pengurus TASTAFI Pusat

GEMA JUMAT, 20 APRIL2018 PENGURUS yang dilantik oleh Ketua Dewan Pembina, Abu Syaikh Hasanoel Basry HG (Abu Mudi) yaitu masing-masing Tgk. H. Muhammad Amin Daud

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman