Kerja Adalah Ibadah

Gema JUMAT, 21 Agustus 2015 Oleh : Nurjanah usman Bekerjalah engkau untuk kepentingan duniamu seakan-akan engkau akan hidup selamanya, dan bekerjalah engkau untuk kepentingan akhiratmu seakan-akan engkau akan mati besok’ kaedah arab tersebut mengatakan kepada kita bahwa hidupa di dunia ini harus memikirkan dua sisi yaitu dunia dan juga tidak melupakan akhirat. Dimana manusia harus … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Gema JUMAT, 21 Agustus 2015
Oleh : Nurjanah usman
Bekerjalah engkau untuk kepentingan duniamu seakan-akan engkau akan hidup selamanya, dan bekerjalah engkau untuk kepentingan akhiratmu seakan-akan engkau akan mati besok’ kaedah arab tersebut mengatakan kepada kita bahwa hidupa di dunia ini harus memikirkan dua sisi yaitu dunia dan juga tidak melupakan akhirat.
Dimana manusia harus memenuhi hidupnya dengan cara berusaha mengumpulkan harta baik material maupun spiritualmerupakan keutamaan dan mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan kemiskinan. Meskipun demikian, kekayaan bukanlah segala-galanya tujuan akhir dari kehidupan muslim, tetapi ini menjadi bekal di dunia tetapi juga dia harus fokus dalam melaksanakan kewajidan dari Allah SWT sebagai bekal kembalinya kelak.
Allah membuka pintu rezeki selebarlebarnya kepada hamba yang mau berusaha dan berdoa, “Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan” [QS. Al-Mulk : 15].
Allah telah menajadikan bumi untuk kita bercocok tanam, menjadikan langit sebagai tempat untuk mencurahkan air hujan, agar bumi tempat kita berpijak menjadi subur dan apapun yang ditanam oleh hamba-hambanya membuahkan hasil yang dapat dimakan maupun dijual. Pernahkah kita berpikir kalau Allah tidak memberikan hujan dan dibiarkan bumi ini menjadi kering? Apa yang bisa kita lakukan sebagai makhluk yang lemah, kita hanya bisa berdoa, menangis dan berdoa agar Allah menurunkan hujan.
Beberapa bulan yang lalu Allah memberikan negeri kita ini jauh dari curahan hujan, kita hampir tiap hari dimana-mana ada yang mengadakan shalat istis’qa berdoa pada Nya agar diturunkan hujan. Oleh karena itu kita jangan sekali-kali malas bekerja ketika doa kita dikabulkan itu merupakan bukti sayang Allah kepada hamba-ham-Nya.
Rasululla juga pernah mengingatkan kita betapa mulianya umat yang ringan tangan dalam mencari nafkah baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga, “Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata: Rasulullah Saw bersabda: Sungguh, seandainya salah seorang di antara kalian mencari kayu bakar dan memikul ikatan kayu itu, maka itu lebih baik, daripada ia meminta-minta kepada seseorang, baik orang itu memberinya ataupun tidak.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Bekerja bagi umat Islam tidak hanya dilandasi dengan tujuan yang bersifat duniawi belaka. Tetapi juga memiliki nilai ibadah. Bekerja akan memberikan hasil,hasil inilah memungkinkan untuk dapat makan, berpakaian, memiliki tempat tinggal, memberi nafkah keluarga, dan menjalankan bentuk-bentuk ibadah lainnya secara baik.

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

SEBAGIAN BUKTI KEKUASAN ALLAH DI DUNIA

GEMA JUMAT, 12 JULI 2019 Prof. Dr. Tgk. H. Azman Ismail, MA (Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman) Sungguh mereka telah mendustakan (Al Quran), maka kelak

Bank Syariah

Gema, edisi Jumat, 30 Januari 2015 Hingga era tahun 1980-an, kita masih sering mendengar  kata riba yang berkaitan dengan perbankan. Ada yang memahami, riba bank

Wujudkan Keadilan Ekonomi

Keadilan ekonomi merupakan mandat yang diwariskan oleh para pendiri bangsa, seperti yang termaktub dalam Pancasila dan Undang-undang Dasar (UUD) 1945. Dengan demikian, kemajuan ekonomi yang

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman