Kuota Haji Aceh 4.393 Berangkat Juli, Pendaftaran Calon Petugas Maret

    Banda Aceh (Gema) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh, Drs H M Daud Pakeh mengatakan jumlah kuota Haji untuk Aceh Tahun 2018 sebanyak 4.393 orang. Para Jamah dijadwal berangkat pada Juli 2018. “Di sejumlah kabupaten/kota  sedang verifikasi data, dengan mengumpulkan lembar merah atau dokumen tanda bukti setoran BPIH, ” ujar … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

 
 
Banda Aceh (Gema)
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh, Drs H M Daud Pakeh mengatakan jumlah kuota Haji untuk Aceh Tahun 2018 sebanyak 4.393 orang. Para Jamah dijadwal berangkat pada Juli 2018.
“Di sejumlah kabupaten/kota  sedang verifikasi data, dengan mengumpulkan lembar merah atau dokumen tanda bukti setoran BPIH, ” ujar Kakanwil.
Menurut Kanwil Kemenang, verifikasi data terus dilakukan bersamaan  dengan pemeriksaan kesehatan di puskesmas dan dinas kesehatan bagi para jamaah yang berangkat tahun 2018 ini. Selain itu, pihaknya juga turut memberi informasi terkini tentang haji dan hal-hal yang berkaitan denganya. Ia juga menyampaikan tahapan, besaran kuota Aceh, jadwal pelunasan nanti,
“Pentingnya istitha’ah, hingga kesiapan asrama haji dan kesiapan di Arab Saudi.
“Jumlah kuota haji Aceh 2018 ialah 4.393 jamaah,” jelasnya.
Daud Pakeh menyebutkan, sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) No 109/2018, kuota haji reguler Indonesia adalah 204.000 jamaah.Sedangkan kuota haji khusus Indonesia ialah 17.000, termasuk petugas haji khusus , yakni pengurus PIHK, pembimbing ibadah, dokter, dan pengurus asosiasi.
Semnetara itu, Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Tgk.H Abrar Zym, S.Ag  melalui “Dialog Interaktif” di Studio Programa 1 RRI Banda Aceh, Selasa (6/3) kemarin menjelaskan, dari 4.393 kuota untuk Aceh, 14 orang untuk pelayanan umum, 14 pelayanan bimbingan jamaah, dan enam pelayanan jamaah.
Menurutnya,  rencana perjalanan  haji (RPH) tahun ini. “Puncak kesibukan di embarkasi, dimulai pada Senin (16 Juli/3 Dzulqa’idah). Awal pemberangkatan jamaah yang masuk Gelombang I, sejak Selasa (17 Juli/4 Dzulqa’idah), ke Bandara Internasional Amir Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah,” jelasnya.
Sebagaimana jadwal dalam surat Ditjen PHU bahwa seusai 10 hari di Madinah, awal keberangkatan jamaah Gelombang I ke Makkah dari Madinah, Kamis (26 Juli/13 Dzulqa’idah).
Jamaah Gelombang II terbang ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah, sejak Senin (30 Juli/17 Dzulqa’idah). Dan masuk asrama haji sehari sebelum itu.
Selesai proses perekrutan, selanjutnya dilakukan tes secara Computer Assisted Tes (CAT), termasuk wawancara, pelatihan petugas yang menyertai jamaah haji dan petugas PPIH Arab Saudi dilaksanakan sejak 27 April, sebelum Ramadhan.
Sesuai dengan jadwal Selasa hingga ahad (20-25/3), telah berlangsung proses penerimaah pendaftaran tes tingkat Kankemenag kabupaten/kota untuk seleksi administrasi. Sedangan ujian secara online via android. [yaya/nur]

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Fase Itqun Minan Nar

Oleh Tgk. H. Ameer Hamzah Puasa kita tahun ini sudah berada di babak ketiga, sepuluh terakhir (21-29 Ramadhan). Menurut hadits, sepuluh terakhir ini itqun minan

Masyarakat Taat Hukum

 GEMA JUMAT, 26 JANUARI 2018 Sosiolog Universitas Syiah Kuala Saifuddin Bantasyam, menuturkan, untuk mencapai masyarakat madani sangat bergantung kepada pemahaman masyarakat terhadap konsep masyarakat madani.

Rahmat Nan Melimpah

Oleh Suhaimi M. Daud   Jikalau bukan oleh syafa’atMU Atau  bukan oleh kasih sayangMU Rahmat sejahtera Bagaimana bisa menikmatinya   Bakti dan pengabdian Bahkan menjadi

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman