Lagi, Ulama Ingatkan Pemimpin Tidak Ingkar Janji

Gema JUMAT, 13 November 2015 Majelis Ulama Indonesia (MUI) kembali menyinggung fatwa pemimpin yang ingkar janji dalam Rapat Kerja Nasional I 2015 Majelis Ulama Indonesia pada 10-12 November 2015 di Ancol, Jakarta. “Perlu pendidikan politik masyarakat agar tidak memilih pemimpin yang ingkar janji berdasarkan hasil Ijtima Komisi Fatwa MUI Tingkat Nasional V di Tegal, 7-10 … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Gema JUMAT, 13 November 2015
Majelis Ulama Indonesia (MUI) kembali menyinggung fatwa pemimpin yang ingkar janji dalam Rapat Kerja Nasional I 2015 Majelis Ulama Indonesia pada 10-12 November 2015 di Ancol, Jakarta.
“Perlu pendidikan politik masyarakat agar tidak memilih pemimpin yang ingkar janji berdasarkan hasil Ijtima Komisi Fatwa MUI Tingkat Nasional V di Tegal, 7-10 Juni 2015 tentang hukum berdosa bagi pemimpin yang ingkar janji,” kata Ketua Tim Perumus Pokok Pikiran dan Rekomendasi Eksternal MUI AM Romly di Jakarta, Kamis (12/11).
Menurut dia, MUI akan berperan aktif memberikan pendidikan politik kepada pemilih agar berhatihati memilih pemimpin yang ingkar janji. Edukasi politik masyarakat itu sendiri tertuang dalam rekomendasi Rakernas I 2015 MUI.
Dari beberapa rekomendasi Rakernas itu, kata dia, MUI akan berperan lebih aktif memperkuat gerakan politik umat dengan menjadi komunikator antarpemimpin partai politik sehingga nilai-nilai Islam lebih mewarnai kehidupan politik bangsa sesuai rekomendasi Kongres Umat Islam Indonesia VI di Yogyakarta.
Ijtima Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa tentang hukum berdosa bagi pemimpin yang tidak menepati janjinya saat kampanye.
“MUI meminta agar para calon pemimpin baik dari legislatif, yudikatif maupun eksekutif untuk tidak mengumbar janji untuk melakukan perbuatan di luar kewenangannya,” kata Ketua Tim Perumus Komisi A Ijtima Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia 2015 Muh Zaitun Rasmin, dalam laman Antara.
Zaitun mengatakan, seorang pemimpin wajib menunaikan janjinya apabila saat kampanye dia berjanji melaksanakan kebijakan yang tidak bertentangan dengan syariah dan mengandung unsur kemaslahatan. Sebaliknya, mengingkari janji adalah haram.(hidayatullah)

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Solusi Islam Mencegah HIV/AIDS

HIV (Human Imunodificiency Virus) merupakan virus mematikan karena sifatnya merusak sistem kekebalan tubuh. Dalam jangka panjang perkembngannya akan berkembang menjadi Acquired Imuno Deficiency Syndrome (AIDS) yang mematikan.

Pelepasan Pawai Takbir

GEMA JUMAT, 22 JUNI 2018 Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf didampingi Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh. melepas resmi

CARA TERBAIK MENEGAKKAN SYARI’AT ISLAM

GEMA JUMAT, 30 MARET 2018 Oleh : Drs H.Armia Ibrahim, S.H., M.H. Sebagamana dimaklumi bahwa Islam sebagai Agama Allah (dinullah) mencakup 3 (tiga) bidang utama,

Makrifatullah

Gema, 21 Februari 2018 Oleh Dr. Sri Suyanta (Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry) Di antara akhlak seorang muslim kepada Rabbnya adalah

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman