Memahami Peristiwa Israk Mi’raj

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia

...

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (Sekjen MUI), Buya Amirsyah Tambunan, menyampaikan, Israk Mi’raj merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam. Pada peristiwa ini, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan agung menuju langit ketujuh untuk menerima perintah sholat dari Allah SWT.

“Setiap tahun umat Islam seluruh dunia peringati peristiwa ini, karena merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam. Pada peristiwa inilah beliau mendapat perintah untuk menunaikan shalat lima waktu sehari semalam,” kata Amirsyah sebagaimana dilansir Republika.

Amirsyah menyampaikan pesan kepada segenap umat Islam di momen peringatan Israk Mi’raj ini, pertama, tingkatkan kualitas spiritual, karena peristiwa Israk dan Mi’raj merupakan peristiwa yang menakjubkan ketika Allah memperjalankan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Al-Aqsa, dan dari Masjidil Al-Aqsa ke Sidratul Muntaha di langit ke tujuh.

Amirsyah menegaskan, kecepatan perjalanan Israk Mi’raj telah melampaui kecepatan teknologi yang ada saat ini, maka dari peristiwa yang menakjubkan ini seharusnya membuat para ilmuan terus melakukan kajian teknologi yang sejalan dengan perinsip ajaran Islam.

Pesan selanjutnya di momen peringatan Israk Mi’raj ini adalah agar umat Islam meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Israk adalah perjalanan Rasulullah SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Al-Aqsa dalam waktu yang singkat meski jaraknya diperkirakan mencapai sekitar 1.239 Km.

Jadi dengan memahami peristiwa Israk dan Mi’raj, umat Islam dapat memperkuat iman dan taqwa kepada Allah, sedangkan dalam aspek ilmu pengetahuan dan teknologi, umat Islam harus menguasai teknologi, bukan teknologi yang menguasai manusia. Demikian pula, tak bisa dipisahkan antara iman, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dengan setiap tahun umat Islam memperingati dan memahami pesan-pesan Israk dan Mi’raj, akan semakin terbuka juga peluang terbangunnya peradaban baru Islam yang didukung oleh SDM yang unggul di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, disertai secara spritualitas umat Islam mendapat ridha Allah Swt di dunia dan akhirat, beda sama sekali dengan kaum kuffar. –Sayed Muhammad Husen

Dialog

Pustaka Baiturrahman

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman