Menjaga Marwah Perempuan

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Menjaga Marwah Perempuan Oleh :

...

Menjaga Marwah Perempuan
Oleh : Nurjannah M.Si , Dosen Akfar YPPM Mandri)

Kehadiran anak dalam rumah tangga muslim merupakan nikmat yang besar dari Allah Taala.. Namun, sebagian orang ada yang lebih mendambakan kehadiran anak laki-laki daripada anak perempuan. Anak laki-laki dianggap lebih mulia daripada anak perempuan.
Mereka bangga dan bergembira tatakala dikaruniai anak laki-laki. Sebaliknya, bagi sebagian orang kehadiran anak perempuan merupakan aib dan dianggap bencana. Mereka sedih dan kecewa jika dikaruniai anak perempuan. Padahal kehadiran anak perempuan juga termasuk nikmat dari Allah. Bahkan Islam secara khusus menjelaskan tentang keutamaan anak perempuan dan ganjaran bagi orangtua yang memelihara dan mendidik anak-anak perempuan mereka.
Dalam hadis riwayat Muslim, nabi menyebutkan “Barang siapa yang mengayomi dua anak perempuan hingga dewasa maka ia akan datang pada hari kiamat bersamaku.” Anak perempuan merupakan ujian bagi orangtua. Maka didiklah dia dengan baik dan jangan mengabaikannya. Termasuk mendidik anak perempuan lebih intens dari pada mendidik anak laki-laki.
Ada fenomena dewasa ini, anak perempuan yang bebas melakukan hubungan sex diluar nikah, lalu hamil dan melahirkan anak tanpa ayah, kemudian anaknya dibuang atau dititip di panti asuhan, a’uzubillah. Itu menjadi tugas kita bersama agar peristiwa hina tersebut tidak lagi terjadi pada anak-anak kita, keluarga kita, tetangga kita dan bahkan masyarakat kita sekalipun.
Menjadi PR bersama mengawal, mendidik dan mengajari anak-anak kita baik laki-laki maupun perempuan. Disini kenapa perempuan yang lebih menonjol karena perempuan mengandung aebnya, sementara lelaki tidak mengandung aeb secara langsung.
Marilah kita menjaga anak-anak kita apalagi anak perempuan, beri ruang dan waktu untuk dia bergerak dengan pengawasan dan mendidik secara intens. Mengayomi anak perempuan adalah menunaikan hak-hak mereka seperti makan, pakaian, pendidikan dan lain-lain. Imam An Nawawi rahimahullah menjelaskan, menunaikan hak-hak dengan menafkahi dan mendidik mereka serta memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang lainnya.
Terdapat ganjaran yang besar bagi orangtua yang mengayomi anak perempuan mereka, berupa nikmat surga, terhalangi dari siksa api neraka dan kedekatan bersama Nabi Saw di akhirat.

Untuk mendapat syurganya Allah tentunya tidak cuma-cuma, butuh perjuangan dan pengorbanan dalam mendidik secara maksimal. Dimana dalam Islam sudah diatur bagaimana cara-cara kita mendidik anak perempuan.

Ajarkan anak perempuan menghargai dirinya sendiri, ajari pula kerapian dan kebersihan. Kemudian ajarkan mereka bahwa kecantikan bukan semata-mata kecantikan fisik, ajarkan pula hal-hal pribadi, ajari tentang moral dan religi, ajarkan anak agar berani berbeda dan berkata.
Kemudian ajarkan mereka agar tidak mudah menyerah, memiliki kepekaan sosial, mengasah keterampilan sesuai dengan bakat dan minat dan ajarkan pula tentang kasih sayang dan bagaimana cara bergaul menurut islam dengan non muhrim.

Jika semua hal tersebut sudah kita ajarkan maka Insya Allah anak-anak kita akan mampu menjalani hidup didunia ini dengan selamat berbekal pendidikan dan ajaran yang sangat membekas dari orang tuanya sendiri. Wallahu’alam.

Dialog

Pustaka Baiturrahman

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman