Optimisme

Gema Jumat, 01 Januari 2016 Oleh: Sayed Muhammad Husen Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengharapkan ummat Islam menyambut tahun baru 2016 secara sederhana, tidak berlebihan dan jauh dari sikap menyimpang. Sementara Pemerintah Kota Banda Aceh secara tegas melarang dalam bentuk apapun perayaan tahun baru masehi, sebab yang seharusnya dirayakan adalah peringatan tahun baru hijriah. Ketua MUI … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Gema Jumat, 01 Januari 2016
Oleh: Sayed Muhammad Husen
Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengharapkan ummat Islam menyambut tahun baru 2016 secara sederhana, tidak berlebihan dan jauh dari sikap menyimpang. Sementara Pemerintah Kota Banda Aceh secara tegas melarang dalam bentuk apapun perayaan tahun baru masehi, sebab yang seharusnya dirayakan adalah peringatan tahun baru hijriah.
Ketua MUI Pusat, KH Ma’ruf Amin, mengajak masyarakat dan bangsa untuk meningkatkan rasa syukur memasuki 2016 dengan semangat optimisme tinggi. MUI mengimbau hendaknya pergantian tahun disikapi dengan kesederhanaan, tidak berlebihan, hedonisme, tamak, rakus dan perilaku menyimpang lainnya.
Momentun tahun baru ini hendaknya digunakan untuk mendorong terwujudkan kerukunan ummat beragama.
Sudah seharusnya penegak hukum dan pemangku kepentingan lainnya berlaku secara adil terhadap pelaku kerusuhan dan kasus perselisihan agama seperti di Tolikara dan Singkil. Kita berharap ummat bergagama dapat hidup damai berdampingan sesama dan antar ummat beragama. Kaum Muslimin hendaknya lebih moderat dalam menyikapi persoalan-persoalan ummat, mengedepankan Islam wasathiyah (moderat) dan tidak mengedepankan kekerasan dalam bertindak menyikapi persoalan. Sikap moderat ini menjamin harmonisasi kehidupan ummat Islam dan melestarikan hubungan baik dalam bermuamalah dengan penganut agama lainnya.
Kita optimis kehidupan keagamaan di Aceh akan lebih baik pada tahun 2016, sebab pelaksanaan syariat Islam yang sedang giat-giatnya dilaksanakan, telah memandu kita bagaimana seharusnya menghormati penganut agama yang berbeda dengan kita. Kita juga minta kaum non muslim beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan Aceh yang khusus dan istimewa dalam pengaturan keagamaan.
Optimisme lainnya, bahwa kita yakin bahwa pengelolaan pemerintahan, pertumbuhan ekonomi dan rasa kebahagian masyarakat akan lebih baik pada tahun 2016. Ini dapat dicapai tentu saja dengan memperkuat peran dan fungsi masing-masing, menjaga amanah dan menghargai sesama warga bangsa. Dengan kerja keras, ikhtiar dan doa kita akan mencapai kehidupan yang lebih adil dan sejahtera.
Terlepas dari cara kita merespon pergantian tahun, yang penting kita tetap memiliki optimisme yang tinggi menghadapi tahun baru ini. Dengan optimisme dan rasa syukur terhadap apa yang telah kita capai, kita akan mendapati banyak peluang baru, yang membuat kita lebih sukses lagi. Tentunya sukses pribadi, sukses sosial dan sukses di bidang penegakan syariah.

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Pemuda Berintegritas Junjung Persatuan

GEMA JUMAT, 02 NOVEMBER 2018 Persatuan dan kesatuan pemuda menentukan kemajuan suatu daerah. Pemuda berkualitas itu tangguh, bertanggung jawab, disiplin, kreatif, kritis, dan idealis. Akan

Silaturrahmi Keluarga Besar Gema Baiturrahman

GEMA JUMAT, 8 NOVEMBER 20198 Tabloid Gema Baiturrahman (TGB) merupakan media nuansa dakwah yang lahir sejak September 1993. Dalam usianya hampir kepala tiga tersebut lembaranlembaran

Menjaga Ketertiban Masjid Raya

GEMA JUMAT, 29 JUNI 2018 Masjid Raya Baiturrahman merupakan ikon Aceh. Rasanya tidak sah bila seseorang yang datang ke Banda Aceh belum berfoto dengan latar

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman