Pacu Semangat Maghrib Mengaji

Gema JUMAT, 03 JUNI 2016 Banda Aceh (Gema) – Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengajak masyarakat, terutama wali murid, agar memacu semangat putra-putrinya untuk terus memantapkan diri dengan ilmu agama, misalnya lewat pengajian Al-Quran. “Pengaruh buruk globalisasi menuntut kita lebih mendorong kita agar memasukkan anak di lembaga pengajian agama, seperti Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ/TPA),” ajak Gubernur … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Gema JUMAT, 03 JUNI 2016
Banda Aceh (Gema) – Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengajak masyarakat, terutama wali murid, agar memacu semangat putra-putrinya untuk terus memantapkan diri dengan ilmu agama, misalnya lewat pengajian Al-Quran.
“Pengaruh buruk globalisasi menuntut kita lebih mendorong kita agar memasukkan anak di lembaga pengajian agama, seperti Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ/TPA),” ajak Gubernur Aceh dr H Zaini Abdullah, dalam acara Tasyakur ke 20 TPQ Plus Baiturrahman Banda Aceh, 30/5.
Songsong bulan suci Ramadhan, yang juga dinamakan bulan pendidikan dan bulan Al-Quran, Gubernur Aceh yang diwakili Ir H Sulaiman AW MP, Kabag Agama dan Peran Ulama Biro Kesra Setda Aceh itu, menekankan pentingnya pengajian usai Maghrib. Program ini beberapa tahun lalu seara resmi diluncurkan Menag RI dan Gubernur Aceh.
“Mari kita tingkatkan terus semangat membaca Al-Quran, dan mengaji ba’da maghrib,” ajak Zaini Abdullah.
TPQ Plus yang kini diasuh oleh 105 guru bersama anak didik yang hampir 1000 santri, miliki empat jenjang. Syukuran atas kenaikan tingkat digelar akhir tahun ajaran. Tasyakur ialah kenaikan tingkat dari jenjang Taman Kanak-kanak Al-Quran (TKQ), 5-7 tahun, ke Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ), 8-12 tahun, dan dari TPQ ke jenjang Ta’limul Quran lil Awlad (TQA), 13-15 tahun.
Sedangkan wisuda, kenaikan tingkat dari TQA ke jenjang Ta’limul Quran lisy Syabab (TQS), 16-18 tahun. Munaqasyah ialah tamat dari lembaga. Demikian penjelasan Wadir Ridhwan MA.
Ketua Panitia Pelaksana, Afnan SPdI sampaikan bahwa jumlah jumlah yang ditasyakur 142 santri, wisuda 31 santri, dan munaqasyah 8 santri. “Biasa alumni yang mau dan mampu direkrut jadi guru TPQ lagi, asal sudah 20 tahun nanti,” sambung Kabag Pengajaran Nadiatul Hikmah SAg.
Dalam acara tahunan ini, di hadapan Walikota yang diwakili Staf Ahli Pemerintahan H Bahromsyah MM, Kepala Badan Pemberdayan  Perempuan dan Perlindungan Anak (BP3A) Aceh, Pengurus Masjid Raya, Persatuan Wali Murid (POM), dan undangan,  dipersembahkan pula aneka tarian dan atraksi seni, termasuk musikalisasi puisi dan drama yang menyedihkan, soal kehilangan dewan guru, saat tsunami lalu. Semua diasuh Sanggar TPQ di bawah Ketuanya Suhairi Cuibro SPdI.
Murid Baru
Tasyakur ini aganda tahunan usai ujian Semester Genap 1436/1437 H. Sejak Selasa (31/5) hingga Sabtu (11 Juni) TPQ Plus diliburkan. Selama libur dibuka pendaftaran murid baru (kuota terbatas), sejak Rabu-Kamis sore (1-2/6). Agenda tahunan lainnya, ialah rihlah berformat Hari Belajar, Bermain, dan Beramal (HB3), ke pantai Lampuuk, Kecamatan Lhoknga Aceh Besar (22/5) lalu.
Dalam masa pendaftaran murid juga, pendaftaran murid lama khusus yang ‘naik panggung’ di AAC itu. Lalu pengetesan Jumat-Sabtu sore (3-4/5) dan pengumuman (8/6 atau 3 Ramadhan) pagi.
Terus, daftar ulang murid yang lulus Kamis-Jumat pagi (9-10/6 atau 4-5 Ramadhan) dan mengaji awal Semester Ganjil 2016/2017, sejak pagi Senin (13 Juni atau 8 Ramadhan 1437 H). M Yakub Yahya
 

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Belajar dari Bak Glumpang Kohlerboom

  Gema JUMAT, 27 November 2015 Oleh: Murizal Hamzah PeKAn lalu, Aceh dihebohkan den- gan publikasi pemotongan bak geulump- ang yang kelak dikenal pohon Kohler

Maulud di Era 4.0

GEMA JUMAT, 8 NOVEMBER 2019 Besok, Sabtu, 19 November 2019 menunjukkan almanak merah. Artinya Hari Libur Nasional. Besok libur berkaitan dengan Maulud Nabi Muhammad SAW. 

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman