BreakingNews

Pengelolaan Masjid Inovatif

“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang- orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS. At-Taubah: 18). Saat ini tercatat lebih dari 3.800 masjid di Aceh, mulai Masjid … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang- orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS. At-Taubah: 18).

Saat ini tercatat lebih dari 3.800 masjid di Aceh, mulai Masjid Raya Baiturrahman, Masjid Agung, Masjid Besar sampai Masjid Jamik di tingkat kemukiman. Dari segi fisik dan jumlah, masjid di Aceh sudah cukup banyak dan indah, namun yang perlu dipikirkan adalah bagaimana masjid yang sudah dibangun cukup indah harus makmur dari segi jamaah shalat lima waktu dan makmur dari segi aktivitas keagamaan dan sosial.

Pengelolaan masjid atau diistilahkan dengan manajemen masjid penting dilakukan untuk mengoptimalkan seluruh potensi yang ada baik aset maupun sumber daya ummat, sehingga strategi pencapaian kemakmuran masjid bagi kepentingan ummat akan terwujud melalui tata kelola yang baik. Saat ini banyak organisasi masjid yang dalam misi visinya untuk memakmurkan masjid dengan berbagai aktivitas mulia, seperti DMI, DKMA, BKPRMI, Remaja Masjid dan lain-lain. Semua lembaga ini mempunyai tujuan yang sama yakni bagaimana masjid menjadi sentra membangun dan membina ummat. Masjid juga harus menjadi daya tarik ummat lebih-lebih bagi remaja dan kaum muda.

Kini saatnya masjid-masjid yang sudah berdiri megah dengan arsitektur pembangunannya yang indah harus berperan lebih besar, pengelolaan masjid oleh pengurus yang diberikan amanah semestinya melakukan terobosan-terobosan sehingga kehadiran masjid dapat dirasakan secara signifikan manfaatnya oleh para jamaah.

Majid tidak boleh eksklusif sehingga jauh dengan ummat, namun pengurus masjid harus menciptakan suasana nyaman dan menjadi perekat bagi jamaah. Pengurus masjid (takmir) harus mampu berinovasi dalam memakmurkan masjid dengan berbagai program. Misalnya dengan menyediakan fasilitas WiFi gratis bagi jamaah, ruang pustaka yang nyaman, ATM bersedekah, layanan kesehatan gratis, ambulance, konsultasi gratis bagi pasangan muda dan lain sebagainya. Kita tidak perlu bangga bila ada masjid menyimpan kas yang cukup banyak sementara minim program dan kegiatan pemberdayaan ummat.

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Membangun Keluarga Bahagia

“Sebaik-baik kamu adalah yang paling baik kepada keluarganya. Dan aku adalah yang terbaik di antara kamu kepada keluargaku“ (HR At-Tirmidzi) Islam sangat mementingkan keluarga bahagai

Hakikat Beriman Kepada Hari Akhir

GEMA JUMAT, 31 JANUARI 2020 Tgk H. Gamal Akhyar Lc M. Sh Berbicara tentang rukun Iman, mungkin ada diantara kita yang menganggap remeh, seakan-akan itu

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman