Perbedaan Kita dengan Daerah Lain

Gema JUMAT, 7 Agustus 2015 Syaridin, M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh SMA di Kota Banda Aceh mulai tahun ini melakukan pemisahan ruang belajar antara siswa dan siswi, apa tujuan dari pemisahan tersebut? Tujuan dari pemisahan siswa laki- laki dan perempuan, yang pertama sesuai dengan visi-misi kota Banda Aceh mewujudkan model kota madani, kemudian … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Gema JUMAT, 7 Agustus 2015
Syaridin, M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh
SMA di Kota Banda Aceh mulai tahun ini melakukan pemisahan ruang belajar antara siswa dan siswi, apa tujuan dari pemisahan tersebut?
Tujuan dari pemisahan siswa laki- laki dan perempuan, yang pertama sesuai dengan visi-misi kota Banda Aceh mewujudkan model kota madani, kemudian juga dalam rangka penerapan syariat Islam di Aceh khususnya di kota Banda Aceh.
Jadi di bidang pendidikan model penerapan syariat Islam itu kita terapkan yang memungkinkan untuk kita terapkan, ini mungkin yang membedakan kita dengan daerah lain yang tidak menerapkan syariat Islam. Jadi saat orang luar mau lihat penerapan syariat Islam di bidang pendidikan, mungkin salah satunya mereka bisa melihat ini. Sedangkan tujuan lain, misalnya untuk mendiskriminasikan atau untuk membeda-bedakan antara laki-laki dan perempuan dalam proses  pembelajaran, itu tidak ada. Dan ini kita lakukan juga bukan dengan sistem pemaksaan, tidak kita wajibkan, dan tidak ada edaran baik dari walikota maupun kepala dinas pendidikan, akan tetapi kita hanya duduk bersama dengan kepala sekolah, kita musyawarahkan apakah memungkinkan untuk kita terapkan, kalau mungkin maka kita laksanakan, tapi kalau tidak memungkinkan maka tidak harus dilaksanakan.
Tahun ini sudah diterapkan di seluruh SMA?,
kemudian apakah tahun-tahun mendatang juga akan diterapkan pada SMP? Iya diseluruh SMA yang negeri.  Kalau memungkinkan di SMP kita terapkan maka tidak tertutup kemungkinan, tapi tetap bukan intruksi wajib, selama sekolah bisa melaksanakan maka silahkan. Bagaimana respon wali murid dan siswa terkait pemisahan ini? Sampai saat ini saya belum menerima satu sekolah pun yang melapor  ada wali murid protes. Kalau ada yang protes, kita akan pertanyakan apa alasannya protes. Kenapa tidak boleh dipisah antara laki-laki dan perempuan,?dan seterusnya.
Sebelumnya di SMA 11 sudah terlebih dahulu diterapkan pemisahan ruang belajar laki-laki dan perempuan, apa hasilnya?
SMA 11 itu sudah sejak 2006. Pada tahun 2008 2010 saya Kepala sekolah di SMA 11  dan saya melihat tidak ada persoalan apa-apa di SMAN 11.
Karena ada juga persepsi kalau satu ruang laki-laki semua kenakalan meningkat, tapi saya melihat di SMAN 11 tidak ada seperti itu, nggak ada kaca jendela yang pecah karena tingkat kenakalan laki-laki.
Kemudian setiap akhir tahun saya melakukan evaluasi dengan memberikan angket kepada siswa dan guru serta perwakilan wali murid dan hasilnya tidak ada yang memberatkan, walupun memang ada yang maunya digabung tapi secara umum tidak ada yang memberatkan. Dan kalau kita tanya secara langsung mereka sudah nggak mau lagi digabung, sudah nyaman dengan kondisi saat ini.
Yang terakhir, apa program dinas pendidikan kota Banda Aceh tahun ini dalam rangka mening katkan mutu pendidikan?
Pada tahun ini salah satunya kota Banda Aceh menambah sekolah Boarding pada SMA Negeri 2 Banda Aceh. Karena pengalaman kita pada sekolah Boarding sebelumnya sekolah Boarding memiliki prestasi yang sangat bagus.
Dan tahun ini kita melihat SMA 2 memiliki fasilitas yang memadai maka kita tambah satu sekolah lagi, dengan harapan bisa meningkatkan prestasi dan hasil belajar, dan kita persyaratka tamatan Boarding ini ada yang spesifik dari mereka, khususnya dengan adanya penerapan dua bahasa disitu yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris. nAbi Qanita

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Tanda-Tanda Kiamat*

alam teologi Islam dikenal sebuah ungkapan: “Kullu ma siwa Allah yusamma Al-‘Alam” (yang dikatakan alam semesta adalah selain Allah). Saat tiba masa yang telah ditentukan, alam semesta dan seisinya akan binasa. Bumi, langit dan apa yang terdapat diantara keduanya akan hancur, hilang dan berakhir. Selain Allah semuanya akan fana, akan hilang, akan binasa, Al-Baqa lillahil waahidil ahad (yang kekal hanya Allah yang maha Esa). Allah berfirman: Kullu man ‘alaiha faan, Wa yabqa wajhu rabbika dzul jalaali wal ikraam (QS.Ar-Rahman 26-27) artinya: “semua yang di bumi akan binasa, yang tetap kekal zat tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan”.
Jamaah shalat jumat yang dimuliakan Allah.

Daurah Membumikan Al-Quran

Tgk. H. Munawir Darwis, Lc, MA – Imam Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh Daurah Membumikan Al-Quran Salah satu keistimewaan yang Allah berikan pada bulan Ramadhan

SYUKUR DAN KEMBALI KE FITRAH

Jum’at, 01 Juli 2016 Surat al-Baqarah ayat 185 “….Dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu supaya kamu bersyukur….” Ayat ini adalah potongan

Alokasi Dana Desa

Gema Jumat, 14 agustus 2015 Wali Kota Illiza mengingatkan agar dana desa ini tidak malah menimbulkan masalah baru dalam pengelolaannya, tapi benarbenarnya diperuntukan bagi kesejahteraan

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman