Persiapan Menuju Ramadhan

Gema JUMAT, 27 Mei 2016 Menyambut Ramadhan 1437 H, tentunya kita melewati bulan Sya’ban yang cenderung umat menyebutkan bulan latihan, pembinaan dan persiapan diri agar menjadi orang yang sukses beramal shalih di Bulan Ramadhan. Untuk mengisi bulan Sya’ban dan sekaligus sebagai persiapan menyambut bulan suci Ramadhan, ada beberapa hal yang harus dikerjakan oleh setiap muslim. … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Gema JUMAT, 27 Mei 2016
Menyambut Ramadhan 1437 H, tentunya kita melewati bulan Sya’ban yang cenderung umat menyebutkan bulan latihan, pembinaan dan persiapan diri agar menjadi orang yang sukses beramal shalih di Bulan Ramadhan. Untuk mengisi bulan Sya’ban dan sekaligus sebagai persiapan menyambut bulan suci Ramadhan, ada beberapa hal yang harus dikerjakan oleh setiap muslim. Diantaranya perlu mempersiapkan iman dengan segera bertaubat, persiapan ilmu dengan mempelajari hukum-hukum fiqih puasa Ramadhan secara lengkap, persiapan keluarga dengan menyiapkan anak-anak dan istri untuk menyambut kedatangan Ramadhan, persiapan mental, persiapan jihad melawan hawa nafsu dan persiapan dakwah.
Menyangkut persiapan dakwah tentunya yang menjadi media terbesar di bulan Ramadhan adalah masjid. “Untuk persiapan menyambut bulan suci Ramadhan yang telah kami lakukan adalah gotong royong, menyempurnakan mikrofon dan membenahi shaf shalat,” sebut Ketua DKM  Mesjid Baitul Alam Desa Kuta Alam, Ust Asnawi M. Amin, Kamis (26/5).
Masih menurut Asnawi, dalam rangka menyambut Ramadhan pihak pengurus telah merencanakan zikir di masjid dengan mengajak semua warga Kuta Alam dan sekitarnya yang mau ikut bergabung. Masalah kegiatan di Bulan Ramadhan, “Kita telah mengatur imam dan penceramah untuk 30 malam 30 orang yang kita undang dari luar dan orang dalam untuk menjadi imam dan penceramah, ramadhan 10 sampai malam 20 imamnya khusus kita hadirkan dari luar,” jelas Asnawi.
Banyak kegiatan serupa yang tetap dilaksanakan dalam Bulan Ramadhan, seperti pengajian, ceramah dan sebagainya. “Kegiatan yang sudah terjalankan tetap kita lanjutkan di Bulan Ramadhan seperti pengajian untuk bapak-bapak dijadwalkan hari Rabu sementara untuk ibu-ibu hari Selasa,” tambahnya.
Sama halnya dengan Masjid Al-Hidayah Gampong Peurada juga melaksanakan kegiatan serupa, seperti gotong-royong, kajian dan ceramah. “Tausiyah rutin setiap malam ba’da isya sebelum tarawih dengan menghadirkan penceramah khusus, bekerjasama dengan Ormas dan Okp Islam,” jelas Wakil Sekretaris BKM Peurada, Muhammad Haekal Daudy SH MH.
Begitu juga dengan kegiatan lain seperti kajian untuk ibu-ibu, remaja, bapak-bapak dan ceramah. “Terkait safari ramadhan, kita bersinergi dengan pemko Banda Aceh,  ini juga bentuk silaturrahim antara ulama, umara dan masyarakat,” tambah Haekal Daudy.
Kekompakkan yang dibangun di Masjid Peurada selama ini terkesan berjalan dengan baik. Pengurus masjid dan masyarakat gampong saling bersinergi dalam menyuskseskan kegiatan-kegiatan masjid. “Sudah lima tahun di masjid kita tegaknya shalat berjama’ah lima waktu setiap hari, ditambah lagi antusiasnya peserta halaqah rutin dengan materi tausiyah tidak memancing perpecahan ummat, melainkan pencerahan untuk beribadah sesuai keyakinan dan kenyamanannya sesuai sumber-sumber hukum utama Islam,” pungkas  Haekal Daudy.
Sama halnya di setiap masjid dalam rangka mempersiapkan berjalannya ibadah sebagaimana mestinya. Seperti mengatur imam dan penceramah, pengajian rutin dan perlombaan-perlombaan diniah. “Masjid kami ada diadakan sayembara diniah setiap tahun kepada angkatan siswa sekolah dasar, seingat saya sudah 27 tahun kegiatan ini berlangsung di masjid  kita,” sebut Imam Masjid Lamnga, Tgk Maksum.
Ramadhan bulan yang suci, bulan berlomba-lomba dalam melakukan ibadah, “Begitu juga dengan persiapan ibadah lainnya telah kita persiapkan, baru-baru ini kita juga telah melaksanakan shalat tasbih di Nisfu Sya’ban,” tutup Tgk Maksum. (Jannah)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Duta Besar Uni Eropa Temui Gubernur Aceh

Gema JUMAT, 01 April 2016 Banda Aceh (Gema) – Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, HE Mr Vincent Guérend dan rombongan melakukan pertemuan dengan Gubernur

Anggaran Syariat Lima Persen

Salam 22 Juli 2016 —   Ir. H. Faizal Adriansyah, M.Si Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Prof Dr Syahrizal Abbas, mengabarkan adanya keluhan sebagian Kepala

Mengembalikan Ajaran Kesufian

GEMA JUMAT, 6 JULI 2018 Majelis pengkajian Tauhid Tasawuf Indonesia (MPTT-I) pimpinan Abuya Syeikh Amran Waly Al-Khalidi bersama dengan Pemerintah Aceh serta didukung sepenuhnya oleh 

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman