Petiklah Hikmah Dalam Peringatan Maulid

Setiap 12 Rabiul Awal menjadi hari istimewa yang diperingati sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad saw. Banyak umat muslim yang memperingatinya sebagai wujud rasa cinta kepada Rasulullah. Banyak kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan tradisi dan budaya daerah setempat. Aceh menjadi salah satu daerah yang selalu menyambut peringatan maulid Nabi Muhammad saw dengan meriah, mulai dengan kenduri … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Setiap 12 Rabiul Awal menjadi hari istimewa yang diperingati sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad saw. Banyak umat muslim yang memperingatinya sebagai wujud rasa cinta kepada Rasulullah. Banyak kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan tradisi dan budaya daerah setempat.

Aceh menjadi salah satu daerah yang selalu menyambut peringatan maulid Nabi Muhammad saw dengan meriah, mulai dengan kenduri di setiap gampong, serta menghadirkan penceramah. Masjid Raya Baiturrahman menjadi salah satu masjid yang rutin menhadirkan penceramah pada momen peringatan maulid tersebut.

Kepala Dinas Syariat Kota Banda Aceh Tgk H Ridwan Ibrahim, menjadi penceramah maulid di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, yang digelar pada Jumat malam, 7 Oktober 2022. Kegiatan yang diawali dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an oleh ustadz Takdir Feriza yang juga merupakan qori internasional.
Kegiatan tersebut dibuka oleh Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki yang diwakili oleh Kadis Syariat Islam Aceh, Dr. EMK. Alidar, S,Ag, M.Hum. Dalam sambutannya Alidar mengatakan, Rabiul awal adalah bulan kelahiran nabi Muhamamd saw yang menjadi suri teladan bagi umat manusia, penerang bagi semesta alam, serta penuntut bagi semua manusia.

“Kita sebagai umat yang merindukan dan mencintai nabi, sejatinya menjadikan bulan maulid ini sebagai media untuk mengkaji dan menggali keteladanan secara komprehensif, baik dari sisi sejarahnya, akhlak budi pekerti, dan nilai-nilai kemanusiaan yang dibawa oleh Rasulullah Muhammad saw,” ujarnya.

Peringatan maulid yang setiap tahun dilaksanakan bukanlah kegiatan seremonial belaka, hanya sekedar tradisi menghidupkan budaya sehingga tidak dapat memetik nilai dari peringatan tersebut. Oleh karenanya, dia berharap agar peringatan maulid benar-benar dapat berdampak positif bagi pola pikir dan perilaku keseharian umat islam.

Pada suatu kesempatan, ketika Siti Aisyah ditanyai mengenai karakter Rasulullah saw, belaiu pun menjawab bahwa karakter Rsulullah itu seperti Al-Qur’an yang berjalan. Ini bermakna, seluruh pola pikir dan perilaku beliau sejalan dengan syariat yang terdapat dalam Al-Qur’an.

Intinya, hikmah kelahiran nabi Muhammad saw sebagai rahmat bagi semesta alam, adalah karena beliau telah membawa misi ketauhidan dan nilai-nilai syariat yaitu kesadaran akan nilai kehidupan dan membangun tatanan masyarakat yang berakhlak mulia. Selama hidupnya, beliau pula telah menunjukkan keteladanan akhlak dan ketinggian moral yang beliau miliki.

“Maka sudah sepantasnya kita mengikuti beliau sebagai suri teladan yang baik,” imbuhnya.
Ustaz Ridwan Ibrahim SAg MPd dalam ceramahnya mengatakan, malam 12 Rabi’ul Awal menunjukkan kebenaran dari Nabi Muhammad saw. Nabi Muhammad saw dilahirkan sebagai uswatun hasanah, sebab sudah ada pada diri nabi semua kebaikan yang harus dijadikan teladan. Hal tersebut seperti Firman Allah Swt dalam Surat Al-Anbiyaa ayat 107 yang berbunyi,”Dan tidaklah Kami utus engkau (wahai Muhammad) melainkan sebagai rahmat bagi seluruh alam.”

“Maka ummat Nabi Muhammad saw harus mencontoh suri teladan yang telah diwariskan kepada pengikutnya, baik itu akhlaknya, ibadahnya, kesabaran dan sebagainya,” jelas Ustaz Ridwan
Maka dari itu penerapan syariat islam merupakan solusi kehidupan bagi umat manusia. Sebagai umat Nabi Muhammad saw, Ustaz Ridwan mengajak jamaah beriman, menaati, dan bershalawat kepada nabi.

“Sudah saatnya kita sebagai umat Nabi Muhammad untuk mengambil bagian dalam menyiarkan dakwah, menerapkan syariat Islam dengan sejujur-jujurnya agar Allah Swt mejadikan Aceh menjadi daerah yang taat akan segala perintah Allah dan jauh dari segala hal yang tidak Allah ridhai,” pungkasnya.

Jika kesadaran tersebut sudah dimiliki oleh setiap orang yang ada di Aceh, maka Insya Allah syariat Islam tidak hanya akan menjadi slogan semata, melainkan menjadi sebuah sistem agar masyarakat Aceh semakin berjaya dalam segala sisi. []

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Selamatkan Situs Sejarah Aceh

Sejarah Aceh adalah sejarah panjang yang sudah mencapai ribuan tahun. Para ahli menyebutkan bahwa Sejarah Aceh adalah sejarah kebesaran Islam di Dunia Timur. Bukti peninggalan

PEMANTAPAN PESERTA MTQ

GEMA JUMAT, 20 JULI 2018 Kepala UPTD PPQ Aceh, Tgk H Ridwan Johan yang juga imam Masjid Raya Baiturrahman sedang membimbing para peserta Musabaqah Tilawatil

Muslimat Dewan Da’wah Bina Warga Lapas

Gema JUMAT, 18 September 2015 Banda Aceh (Gema) – Muslimat Dewan Da’wah Aceh kembali menggelar pendampingan keaga- maan bagi warga lembaga pemasyarakatan (Lapas) perempuan di

Bahaya Judi Online

“Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang khamar dan judi. Katakanlah, ‘Pada keduanya terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia. Tetapi dosanya lebih besar daripada manfaatnya.

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman