RMRB Kuatkan Kekompakan dengan Rihlah

Rasulullah Muhammad SAW pernah membuat gambaran indah persaudaraan antar pemeluk Islam. Beliau melukiskan persaudaraan dalam ikatan keislaman itu seperti satu tubuh: “Perumpamaan orang-orang yang beriman, dalam saling mencintai, saling menyantuni sesama mereka, adalah laksana kesatuan tubuh. Apabila satu bagian dari tubuh itu menderita sakit, maka seluruh badan turut merasakannya.” (HR Muslim) Sungguh indah apa yang … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Rasulullah Muhammad SAW pernah membuat gambaran indah persaudaraan antar pemeluk Islam. Beliau melukiskan persaudaraan dalam ikatan keislaman itu seperti satu tubuh: “Perumpamaan orang-orang yang beriman, dalam saling mencintai, saling menyantuni sesama mereka, adalah laksana kesatuan tubuh. Apabila satu bagian dari tubuh itu menderita sakit, maka seluruh badan turut merasakannya.” (HR Muslim)

Sungguh indah apa yang disampaikan Nabi Muhammad SAW. Betapa erat, dekat, dan akrab hubungan sesama muslim. Meski pun ada perbedaan: misalnya perbedaan mazhab, politik, warna kulit, suku, bangsa, namun sebagai muslim tetap satu tubuh. Kita harus tetap saling bersaudara dalam ikatan keislaman. Inilah yang disebut ukhuwah islamiyah.

Ukhuwah islamiyah mudah diucapkan, tapi yang sulit adalah praktik dan aplikasinya dalam berbagai situasi dan kondisi kehidupan sehari-hari. Namun, perlu disadari, mewujudkan persaudaraan Islam dalam arti yang sebenarnya merupakan kewajiban setiap muslim.

Untuk ini, Remaja Masjid Raya Baiturrahman (RMRB) yang merupakan organisasi kepemudaan berbasiskan masjid, menuntut pengurusnya memiliki ukhuwah yang baik. Hal ini karena amanah dakwah yang diemban bukanlah perkara mudah dan ringan, jika para pengembannya tidak memiliki visi misi yang sama.

Selain pembekalan ruhiyah rutin, para pengurus membutuhkan kegiatan-kegiatan ringan yang membuat anggota semakin akrab. Salah satu kegiatan yang dilakukan pengurus RMRB adalah mengadakan rihlah

Ambia Al Yusuf
(Ketua RMRB)

Ketua RMRB, Ambia Al Yusuf mengatakan, kegiatan yang berlangsung di Mata Ie Hillside Adventure dan Water Park ini bertujuan memperkuat ukhuwah antar pengurus RMRB dan evaluasi kepengurusan tahun 2022.

Kegiatan berjalan lancar dan sukses. Diawali pagi pukul 7.30 WIB seluruh pengurus berkumpul di sekretariat RMRB. Sembari menunggu keberangkatan ke tempat tujuan, para pengurus dianjurkan shalat dhuha dua rakaat di MRB. Setelah semua berkumpul, pukul 8.30 WIB semua peserta berangkat ke tempat yang dituju.

Dengan beraneka permainan yang menguji kekompakan, semakin melatih pengurus saling percaya antar sesama pengurus. Menurut Ambia, hal ini sangat diperlukan dalam sebuah organisasi, apalagi organisasi dakwah, yang akan banyak sekali tantangan datang silih berganti.

Tidak hanya untuk melatih kekompakan sesama pengurus, Ambia menambahkan, dengan adanya rihlah ini menjadi alasan bagi pengurus RMRB belajar bersyukur, dengan melihat seluruh ciptaan Allah, yang tiada tandingannya.

Salah seorang pengurus RMRB yang ikut rihlah, Ariga, mengatakan, senang dengan adanya kegiatan tersebut. Bagaimana tidak, menurutnya, “Kita tidak memiliki tolak ukur seberapa pentingkah rihlah dalam suatu organisasi, tapi kita memiliki tolak ukur dengan kebersamaan, persaudaraan dan kekompakan itulah organisasi maju dan bergerak meraih visi dan misi yang dicanangkan.”

Rihlah adalah bagian dari pembentukan kebersamaan, persatuan dan kekompakan, karena dengan rihlah terbangun kesadaran bahwa anggota organisasi tidak sendiri. Semua bersama dengan teman-teman telah dianggap keluarga, dengan satu visi dan misi yang sama, sehingga dapat disimpulkan: rihlah adalah cara bahagia membangun kebersamaan, dengan niat lillahi ta’ala.

Ariga
Salah seorang pengurus RMRB yang ikut rihlah

Ariga dan sahabat-sahabatnya merasa bangga menjadi bagian dari keluarga besar RMRB, dengan sangat bersyukur, kekeluargaan dan silaturahmi telah terjalin antar sesama Remaja Masjid begitu akrab. Ada kesan kakak beradik yang dibangun dan tumbuh di tengah remaja masjid ini yang harus terus dipertahankan dengan baik, sehingga bisa saling menjaga, saling nasihat-menasehati, dan berdakwah bersama di jalan Allah.

Dia berharap, Remaja Masjid bisa mengambil hal positif dari rihlah ini dan menjadikan wadah RMRB sebagai sarana menjalin silaturahmi, kekompakan, dan membangun pilar-pilar dakwah yang kokoh. Bersama memakmurkan masjid dan jamaahnya. -Lizayana, editor: smh

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Laibul Qurrah

Jum’at, 01 Juli 2016 Oleh H. Ameer Hamzah Demi masa! Sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi. Kecuali orang-orang beriman dan mengerjakan amal shaleh. Dan orang-orang yang

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman