BreakingNews

Sambut Ramadhan Forkopimda Aceh Besar Keluarkan Seruan Bersama

Gema-kota Jantho Menyambut bulan Ramadhan 1436 H, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh Besar mengeluarkan seruan bersama dengan harapan agar masyarakat dapat menyambut bulan suci tersebut dengan penuh semangat dan keikhlasan. Dalam seruan bersama yang turut ditandatangani Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos, Ketua DPRK Sulaiman SE, Dandim 0101/ BS Letkol Inf Riswanto, Kapolres AKBP … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Gema-kota Jantho Menyambut bulan Ramadhan 1436 H, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh Besar mengeluarkan seruan bersama dengan harapan agar masyarakat dapat menyambut bulan suci tersebut dengan penuh semangat dan keikhlasan.
Dalam seruan bersama yang turut ditandatangani Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos, Ketua DPRK Sulaiman SE, Dandim 0101/ BS Letkol Inf Riswanto, Kapolres AKBP Heru Novianto SIK, Kajari Jantho Ikhwan Nul Hakim SH, Ketua Pengadilan Negeri Jantho Rahmawati SH, Ketua Mahkamah Syari’iyah Aceh Besar Drs H Daswir MH, dan Ketua MPU Aceh Besar Tgk H Muhammad MJ, Forkopimda Aceh Besar mengimbau setiap umat Islam untuk melakukan hal-hal terpuji selama bulan Ramadhan 1436 H.
Di antaranya melaksanakan ibadah puasa, menghidupkan masjid, meunasah, dan tempat ibadah lainnya dengan shalat fardhu, tarawih, witir, tadarus, dan amalan sunnah lainnya. Di samping itu, setiap pemilik toko, kedai, kios, dan tempat usaha wajib menghentikan aktifitasnya pada malam hari sampai selesai pelaksanaan ibadah shalat tarawih dan witir.
Seruan bersama Forkopimda Aceh Besar tersebut juga meminta kepada penjual makanan dan minuman agar tidak berjualan pada siang hari sejak pagi sampai dengan waktu shalat Ashar. Juga menghentikan segala aktifitas pada waktuwaktu shalat untuk melaksanakan ibadah. Setiap muslim dilarang menghabiskan waktu dengan kegiatan-kegiatan yang dapat merusak kesucian bulan Ramadhan.
Pada poin lainnya, seruan bersama itu meminta setiap orang, tempat usaha, atau tempat lainnya dilarang menyediakan makanan, melindungi dan memberikan fasilitas kepada orang yang tidak berpuasa pada siang hari di bulan Ramadhan, dilarang menghidupkan bunyi-bunyian yang dapat mengganggu ketenangan bulan suci Ramadhan seperti petasan, mercon, meriam bambu, dan sejenisnya. Kepada masyarakat nonmuslim agar menghormati dan menjaga kesucian bulan suci Ramadhan.
Safari ramadhan
Sekdakab Aceh Besar Drs H Jailani Ahmad MM, kepada gema baiturrahman, menambahkan, pada bulan Ramadhan 1436 H, Pemkab Aceh Besar juga mengadakan Safari Ramadhan dengan mengunjungi sejumlah masjid di kecamatan. Pada kegiatan Safari Ramadhan tersebut, akan turut dihadiri oleh Bupati, Wabup, Sekda, Forkopimda, ulama, dan tokoh-tokoh masyarakat. Seperti tahuntahun sebelumnya, Safari Ramadhan bakal diisi dengan silaturahmi, buka puasa bersama, dan ceramah Ramadhan yang disampaikan oleh para ulama. “Setiap SKPD akan membawa menu bekal buka puasa secara bergilir di Masjid Al-Munawwarah Kota Jantho. Diharapkan kegiatan ini akan lebih menambah silaturahmi dan kebersamaan antara Pemkab Aceh Besar dan masyarakat. Semoga kegiatan tahun ini akan lebih baik dan sukses,” katanya. (mariadi)

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Dimana Keistimewaan Aceh?

Pada akhir 1949 Karesidenan Aceh dikeluarkan dari Provinsi Sumatera Utara dan selanjutnya menjadi Provinsi Aceh.Kemudian, Aceh memperoleh status daerah istimewa pada 26 Mei 1959. Dengan

Mensyukuri Al-Muhyi

Oleh Dr. Sri Suyanta (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry) Muhasabah 18 Muharam 1440 Saudaraku, bila kita memiliki tanah, pekarangan, lahan, sawah atau ladang,

Jadikan Masjid sebagai Simbol Persatuan

GEMA JUMAT, 21 JUNI 2019  Pada Zaman Rasulullah SAW, masjid adalah sebagai tempat dan pusat segala kegiatan umat Merupakan modal dasar dan utama tempat dan

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman