BreakingNews

Sambutan Gubernur aceh Dalam rangka menyambut bulan Suci ramadhan 1436 H/2015

“BiSmiLLahirrahmaNirrahim” Alhamdulillahi rabbil‘alamin, Wassalatu Wasalamu‘ala asyrafil ambia-i Walmursalin. Wa’ala alihi Washahbihi ajma’in. Alhamdulillahi rabbil‘alamin, Wassalatu Wasalamu‘ala asyrafil ambia-i Walmursalin. Wa’ala alihi Washahbihi ajma’in. Segala puji bagi allah SWt, teriring doa dan keselamatan semoga terlimpah atas Nabi dan rasul termulia muhammad SaW dan seluruh umatnya hingga akhir zaman. Marhaban Ya ramadhan…! Alhamdulillah, bagi kita kaum muslimin … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

“BiSmiLLahirrahmaNirrahim”
Alhamdulillahi rabbil‘alamin, Wassalatu Wasalamu‘ala asyrafil ambia-i Walmursalin. Wa’ala alihi Washahbihi ajma’in.
Alhamdulillahi rabbil‘alamin, Wassalatu Wasalamu‘ala asyrafil ambia-i Walmursalin. Wa’ala alihi Washahbihi ajma’in. Segala puji bagi allah SWt, teriring doa dan keselamatan semoga terlimpah atas Nabi dan rasul termulia muhammad SaW dan seluruh umatnya hingga akhir zaman.
Marhaban Ya ramadhan…!
Alhamdulillah, bagi kita kaum muslimin merupakan suatu kebahagiaan, karenakembali kita bertemu dengan bulan suci ramadhan 1436 hijriah. Saya selaku pribadi maupun sebagai kepala Pemerintahan aceh, mengajak seluruh masyarakat aceh untuk menyambut kedatangan bulan ramadhan yang penuh rahmat, kemuliaan dan maghfirah dengan suka cita. mari kita jadikan bulan suci ini, sebagai upaya peningkatan kapasitas diri mencapai derajat takwa.
Perasaan gembira menyambut ramadhan adalah cerminan ketakwaan kita kepada allah SWt, sebab ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan keagungan. Dalam sebuah hadits, rasulullah mengatakan:
“Barangsiapa yang menyambut ramadhan penuh dengan suka cita, maka allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka.”
Kaum muslimin sudah selayaknya menyambut bulan suci ini dengan penuh kegembiraan, karena bulan ramadhan mengandung berbagai fadhilah yang tidak ada pada bulan yang lainnya. mari kita jalankan ibadah puasa dengan penuh rasa iman kepada allah SWt, sebagaimana kewajiban puasa yang disebutkan allah dalam surat al-baqarah ayat 183:  “ Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kamu , mudah-mudahan kamu menjadi orang yang bertaqwa.”
Melalui ibadah puasa kita tingkatkan kualitas iman dengan memperbanyak ibadah, baik bersifat vertikal kepada allah SWt, maupun bersifat horisontal kepada sesama manusia. kita ikat kembali tali silaturrahmi yang terputus, dan kita perkuat ukhuwwah islamiyyah antar sesama, sehingga momentum ramadhan ini akan menghindarkan kita dari perbuatan tercela.
Sebagai rasa suka cita menyambut ramadhan, berikut ini saya sampaikan beberapa pesan moral kepada rakyat aceh tentang langkah dan kegiatan yang perlu kita lakukan selama menjalankan ibadah puasa  ramadhan tahun ini: Pertama ; marilah kita saling maaf-memaafkan untuk membersihkan jiwa kita dari segala dosa yang terjadi akibat adanya kesalahan dan kekhilafan sepanjang kita berinteraksi sebagai sesama hamba Allah.
Kedua , marilah kita mempersiapkan diri secara maksimal melalui aspek ruhiyah, fikriyah, mental, fisik dan materi. aspek ruhiyah dapat kita persiapkan dengan memperbanyak ibadah, seperti qiyamullail, shalat tarawih, membaca alQur’an, i’tikaf, berdzikir, berdo’a dan sebagainya. Persiapan fikriyah bisa dengan mendalami ilmu, terutama yang terkait ibadah ramadhan. Persiapan mental juga perlu dilakukan agar bulan ramadhan bisa menjadi momentum memperbaiki diri dan menghilangkan penyakit bathin, seperti fitnah, dengki, takabbur, dan lain-lain. Sedangkan  aspek fisik dan materi dapat diperkuat dengan senantiasa menjaga kesehatan dan materi yang cukup untuk menunjang ibadah.
Ketiga ; kita luruskan dan kuatkan niat kita untuk memanfaatkan bulan ramadhan tahun ini agar lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya, seraya kita tinggalkan semua perbuatan dan semua hal yang bisa membuat kita berdosa di hadapan Allah SWT.
Keempat , kita kuatkan niat untuk melaksanakan ibadah zakat fitrah serta menuntaskan pembayaran zakat mal agar rangkaian ibadah wajib bisa terlaksana dengan lengkap dan sempurna. Salurkanlah zakat ke lembaga amil yang dikelola pemerintah, agar zakat yang terhimpun bisa menjadi kekuatan finansial yang besar bagi usaha memperbaiki kehidupan sosial ummat islam. kita perlu juga meningkatkan aktivitas sosial dengan menyantuni anak yatim, fakir miskin dan kaum dhuafa, serta terlibat aktif dalam kegiatan mensyiarkan islam di bulan suci ramadhan.
Kelima , Saya meminta masyarakat aceh untuk selektif menonton tayangan televisi yang meskipun judulnya bernuansa islam, tapi terkadang isinya mengganggu kekhusukan umat dalam menjalankan ibadah. Kita ajak istri, anak, dan keluarga kita untuk menghidupkan bulan ramadhan dengan berbagai aktivitas bermanfaat, karena rasulullah SaW membangunkan istri dan anak-anaknya untuk menghidupkan malam-malam bulan ramadhan.
Keenam, Saya mengimbau kepada generasi muda aceh, agar tidak menyianyiakan kesempatan ramadhan ini dengan perbuatan yang tidak bermanfaat dan mencelakakan diri sendiri, seperti balapan liar, bermain petasan dan lain sebagainya. hindarilah hal-hal yang bisa merusak iman dan menghancurkan persatuan. mari kita makmurkan masjid, meunasah, dan tempat-tempat ibadah dengan berbagai kegiatan, berupa ibadah fardhu berjamaah dan ibadah sunnah lainnya.
Ketujuh ; ibadah puasa janganlah dijadikan sebagai alasan mengurangi produktivitas kerja karena rasa lapar dan dahaga, tapi jadikanlah ibadah puasa  sebagai dorongan untuk meningkatkan produktifitas, karena setiap amal baik yang kita laksanakan pada bulan suci ramadhan dinyatakan sebagi ibadah yang mendapat pahala besar di sisi allah SWt.
Kedelapan , kepada pemilik restoran, warung kopi dan makanan agar mematuhi aturan yang berlaku dengan tidak berjualan mulai pukul 05.00 pagi hingga 16.00 sore. khusus untuk pusat hiburan, seperti hotel dan kafetaria dilarang menggelar aktivitas hiburan selama bulan Suci ramadhan ini.
Kesembilan , kepada para ulama, da’i, tokoh masyarakat, dan para pemuda saya himbau untuk menjaga kedamaian dan harmonisasi kehidupan masyarakat dengan menyampaikan pesan-pesan menyejukkan, menyentuh hati dan menghindari perbedaan pendapat dalam melaksanakan ibadah.
Kesepuluh, kepada para aparatur Pemerintahan aceh, kami sudah mengeluarkan surat edaran tentang Penetapan Jam kerja Pada bulan ramadhan. Selama ramadhan memang ada sedikit berkurang jam kerja, namun saya minta kepada seluruh aparatur pemerintahan di aceh, agar tidak menjadikan ramadhan ini untuk bersantai apalagi bermalas-malasan. Sebaliknya, mari kita tunjukkan kinerja yang baik dan tingkatkan amal ibadah, sehingga pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat dapat semakin optimal.
Demikian yang dapat saya sampaikan sebagai himbauan dan ucapan rasa syukur dalam menyambut bulan suci ramadhan 1436 hijriah ini. Pada kesempatan ini, tidak lupa, Saya dan keluarga mohon maaf lahir dan  bathin kepada seluruh masyarakat aceh di manapun berada. Selamat menjalankan ibadah Puasa ramadhan Semoga kita semua tergolong hamba allah yang beruntung selama ramadhan ini. ramadhan kariim….! Marhaban Ya Ramadhan…! Wabillahitaufiqwalhidayah Wassalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh
GUBERNUR ACEH dr. H. ZAINI ABDULLAH

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Mensyukuri Jum'atan

Gema-H, 06 April 2018 Oleh Dr. Sri Suyanta (Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry) Saudaraku, dalam durasi harian umat Islam dituntun untuk

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman