Sebarkan Salam

Gema JUMAT, 6 November 2015 Oleh H. Basri A. Bakar Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya termasuk tanda-tanda hari kiamat apabila salam hanya ditujukan kepada orang yang telah dikenal.” (HR. Ahmad dan Thabrani) Syariat Islam mengajarkan kita untuk selalu saling mencintai dan memperhatkan terhadap saudara semuslim, dengan merekatkan persaudaraan dan kasih sayang. Salah satu syariat Islam untuk … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Gema JUMAT, 6 November 2015
Oleh H. Basri A. Bakar
Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya termasuk tanda-tanda hari kiamat apabila salam hanya ditujukan kepada orang yang telah dikenal.” (HR. Ahmad dan Thabrani)
Syariat Islam mengajarkan kita untuk selalu saling mencintai dan memperhatkan terhadap saudara semuslim, dengan merekatkan persaudaraan dan kasih sayang. Salah satu syariat Islam untuk mewujudkan hubungan persaudaraan dan kasih sayang ini, adalah perintah untuk menyebarkan salam.
Namun sekarang ini salam sering sekali diabaikan dan diganti dengan salam salam yang lain, entah itu dengan selamat pagi, selamat siang, salam sejahtera atau sejenisnya. Tentunya seorang muslim tidak akan rela apabila syariat yang penuh berkah lagi manfaat ini kemudian diganti dengan ucapan-ucapan lain. Atau salam hanya ditujukan kepada orang-orang tertentu atau pilih kasih.
Nabi Muhammad SAW telah memberi tuntunan bahwa bila seorang muslim berjumpa dengan muslim lainnya, maka hendaklah ia mengucapkan sapaan khas Islam yaitu As-Salamu ‘alaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh, artinya salam damai untukmu dan semoga Rahmat dan Keberkahan Allah menyertaimu. Subhanallah…! Begitu indahnya tegur-sapa yang diajarkan agama Allah kepada hamba-hambaNya yang beriman. Bahkan tidak hanya itu, dalam suatu kesempatan Rasulullah SAW menggambarkan bahwa mengucapkan salam merupakan bentuk ajaran Islam yang luar biasa yang disetarakan dengan memberi makanan kepada orang yang dalam kesusahan.
Sebagaimana hadits Rasulullah SAW, ketika ada seseorang yang bertanya kepada Beliau: “Berislam yang bagaimanakah yang baik wahai Rasulullah? “. Rasulullah SAW menjawab, “Berislam yang baik adalah gemar memberi makan orang lain (yang kelaparan, apakah karena sebab ia tertimpa musibah dan bencana, atau faktor usia sehingga tidak bisa mencari nafkah, atau orang-orang cacat) dan memberi salam kepada orang yang dikenal maupun yang tidak dikenal. (HR. Bukhari dan Muslim).

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

LP Menjadi Lembaga Pesantren

Pembinaan kerohanian Islam  di Lembaga Pembinaan (LP) memang sangat bagus. Shalat lima waktu berjamaah, ceramah agama oleh ustazd-ustazd penyuluh agama dari Kementerian Agama, belajar fikih

Lahirkan Skill, Mengatasi Kemiskinan

GEMA JUMAT, 04 AGUSTUS 2017 Iskandar Zulkarnaen, Ph.D – Dosen Universitas Malikussaleh Kini era masyarakat ekonomi ASEAN atau sering disebut dengan singkatan MEA sudah berlansung.

Qurban Keshalehan Sosial

Gema JUMAT, 02 SEPTEMBER 2016 Oleh Murizal Hamzah   Insya Allah pada 12 September mendatang, umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Haji

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman