Semangat Pahlawan

“Janganlah kamu mengatakan bahwa orang-orang yang terbunuh di jalan Allah (mereka) telah mati. Namun, (sebenarnya mereka) hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya”.(QS. Al Baqarah : 154)...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

GEMA JUM’AT, NOVEMBER 2023 M/1445 H

Dr. Ir.H. Basri A. Bakar, M.Si

“Janganlah kamu mengatakan bahwa orang-orang yang terbunuh di jalan Allah (mereka) telah mati. Namun, (sebenarnya mereka) hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya”.(QS. Al Baqarah : 154)

Setiap tanggal 10 Nopember, bangsa Indonesia memperingati hari pahlawan sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa para syuhada yang berjuang mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Tanggal 10 November menjadi saksi perjuangan kaum muslimin yang mencintai tanah airnya, dengan mempertahankan kedaulatan sampai titik darah penghabisan. Tidak ada kata menyerah kecuali dua pilihan yaitu menang atau mati syahid.

Para pahlawan masa lalu sudah memberikan contoh bagaimana berjuang untuk kemerdekaan. Orang-orang yang berjuang itu pun tidak memperdulikan apakah ia bakal mendapat penghargaan atau tidak dari pihak manapun, yang mereka harapkan adalah keridhaan dari Allah Swt. Mereka bertarung tanpa pamrih, sebuah sikap yang mungkin sulit didapatkan dari orang-orang zaman sekarang.

Oleh karena itu, saatnya juga kita harus berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan dengan cara mengisi dan menyebarkan kebaikan. Anak-anak Indonesia yang hidup dalam kemerdekaan wajib hukumnya untuk menuntut ilmu, sekolah, mondok pesantren, dan di lembaga manapun. Jangan membiarkan bangsa ini bodoh dan miskin pengetahuan.

Hal lain yang harus kita rawat dari perjuangan para pahlawan adalah memiliki sifat berani dalam membela kebenaran, berani dalam mempertahankan kebenaran, dan berani dalam menghadapi berbagai rintangan serta hambatan. Pahlawan dalam Islam yang sesungguhnya adalah orang yang berani memperjuangkan Islam sampai ia menang atau mati.  Meskipun sifat ini hanya dimiliki oleh segelintir orang, namun semua kita harus berusaha menerapkannya. Dan ini terkait dengan sifat istiqamah seseorang yang sangat diharapkan oleh agama.

Allah berfirman dalam Al-Quran tentang kita semua ditekankan untuk selalu istiqamah berbuat kebaikan di jalan yang benar. Artinya: “Maka tetaplah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan” (QS: Huud: 112).

Dalam perspektif Islam, pahlawan dapat dimaknai sebagai orang Islam yang berjuang menegakkan kebenaran demi memperoleh keridhaan Allah semata. Bagi seorang muslim, ada sosok yang paling layak untuk dijadikan sebagai pahlawan, siapa lagi kalau bukan Nabi Muhammad SAW.

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Memilih Pemimpin

GEMA JUMAT, 12 APRIL 2019 Oleh H. Basri A. Bakar “Hai orang-orang beriman, janganlah kamu jadikan bapak-bapak dan saudara- saudaramu   menjadi   Wali (pemimpin/ pelindung)  jika  mereka  lebih  mengutamakan kekafiran

Anak-Anak Syurga dari Jalur Gaza

SEBUAH akun media sosial baru-baru ini memposting kalimat tersebut di atas. Ramaicuitan di Twitter yangmemberikan komentar lantang akibat dampak perang di Palestinaterhadap anak-anak kecil yang tak berdosa apa-apa. Meskipun faktanyaung kapan tersebut hoaksdan di salah alamat-kan kepada Menteri Pendidikan Palestina tanpa berita yang resmi,kalimat sederhana itumengandung maknayang sangat dalamtentang arti kehidupan, kemerdekaan, danpendidikan anak-anak di Palestina saat ini.

MAA Usul Tiga Nama Calon Ketua

BANDA ACEH (Gema)– Majelis Adat Aceh (MAA), menggelar musyawarah pada Senin, 10 Januari 2022. Hasilnya Prof. Dr. Syamsul Rijal, MA termasuk dari tiga nama yang diusulkan

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman