Solusi Pengangguran

Gema JUMAT, 15 Januari 2016 Oleh : Sayed Muhammad Husen PENGANGGURAN adalah masalah serius di Aceh. Betapa tidak, salah satu dampak negatif pengangguran pada masa konfl ik dulu, mereka mudah sekali “termakan” agitasi untuk mengikuti gerakan perlawanan terhadap pemerintah yang sah. Mereka mudah dipengaruhi sejumlah harapan dan mimpi, walaupun pada akhirnya sebagian besar mereka menyatakan … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Gema JUMAT, 15 Januari 2016
Oleh : Sayed Muhammad Husen
PENGANGGURAN adalah masalah serius di Aceh. Betapa tidak, salah satu dampak negatif pengangguran pada masa konfl ik dulu, mereka mudah sekali “termakan” agitasi untuk mengikuti gerakan perlawanan terhadap pemerintah yang sah. Mereka mudah dipengaruhi sejumlah harapan dan mimpi, walaupun pada akhirnya sebagian besar mereka menyatakan penyesalan.
Masalah pengangguran belum juga selesai, atau paling tidak berkurang signifi kan di masa damai ini. Indikator paling nyata dapat kita lihat pada saat rekrutmen pegawai atau karyawan. Ribuan pencari kerja menyerbu peluang kerja yang tersedia dalam jumlah terbatas itu. Mereka berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun menanti kesempatan dan peluang kerja.
Menurut data statistik, tidak kurang 217.000 penganggur di Aceh. Jumlah ini bisa saja terus meninggkat sering bertambahnya jumlah angkatan kerja. Pada Agustus 2015 jumlah angkatan kerja di Aceh sebesar 2,183 juta orang, sedangkan yang bekerja 1,966 juta orang. Inilah yang terus dipikirkan dan diurus oleh pemerintah dan pihak swasta, sehingga angka pengangguran dapat dikurangi.
Karena itu, semua potensi yang ada harus kita manfaatkan untuk mencari dan menciptakan pekerjaan/lapangan kerja. Antara lain dapat dilakukan multi pemangku kepentingan, dengan inisiatif dan kemampuan masing-masing. Sebab, masalah pengangguran adalah masalah bersama dan dampak negatifnya pun bisa saja kita rasakan bersama juga.
Dr Yusuf Qardhawi mengungkapkan, pengangguran dibagi dua macam: pertama, pengangguran jabariyah (terpaksa). Ini suatu pengangguran yang seseorang tidak mempunyai hak sedikitpun memilih status ini dan terpaksa menerimanya. Pengangguran seperti ini umunya terjadi, karena seseorang tidak mempunyai keterampilan sedikitpun.
Kedua, pengangguran khiyariyah. Seseorang yang memilih untuk menganggur, padahal dia pada dasarnya adalah orang yang mampu untuk bekerja, namun pada kenyataanya dia memilih untuk berpangku tangan dan bermalas-malasan, sehingga menjadi beban bagi orang lain. Dia memilih hancur dengan potensi yang dimiliki dibandingkan menggunakannya untuk bekerja.
Untuk itu, bagi sang penganggur, sebenarnya dapat mendayagunakan potensi diri dan lingkungannya untuk keluar dari perangkap penganguguran. Ini dapat dimulai dari membangungun kesadaran, melakukan perubahan mental dan memproduktifkan potensi yang dimiliki. Sementara pada sisi lain, pemerintah seharusnya memprioritaskan penyelesaian masalah pengangguran dengan strategi yang efektif dan mencapai hasil yang cepat.

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Mensyukuri Bicaranya Bernas

Oleh Dr. Sri Suyanta (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry) Muhasabah 12 Zukaidah 1439 Saudaraku, oleh Allah masing-masing kita dikaruniai bentuk tubuh yang sempurna.

Bustanul Ma’rif menggelar maulid

baiturrahmanonline.com. Yayasan Bustanul Ma’rif memperingati hari kelahiran nabi besar Muhammad Saw, “Hari ini selain kita memperingati hari kelahiran nabi, juga ulang tahun berdirinya yayasan tepatnya

Gubernur Aceh Larang Valentine Day

  Gema, 13 Februari 2018 Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menegaskan dirinya melarang perayaan Valentine Day di Aceh. Hal itu disampaikan Irwandi Yusuf di Jakarta usai

Hukum Syariat Islam Harus Ciptakan Keharmonisan

Gema JUMAT, 20 November 2015 Pelaksanaan hukum-hukum syariat Islam saat ini di Provinsi Aceh berdasarkan Qanun Jinayat dan aturan lainnya, diharapkan bisa menciptakan suatu keharmonisan

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman