SYAHDUNYA PERINGATAN MAULID TEPAT 12 RABIUL AWAL

Peringatan maulid Nabi Muhammad saw merupakan hari penting bagi umat Islam. Berdasarkan kalender masehi, 12 Rabiul Awal sebagai hari kelahiran nabi jatuh pada 8 Oktober 2022. Ada beberapa tempat yang melaksanakan maulid tepat pada 12 Rabiul Awal, seperti di Kemukiman Lueng Bata, Banda Aceh. Menurut Pj Keuchik Gampong Cot Mesjid, Kecamatan Lueng Bata, Safriadi, S. … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Peringatan maulid Nabi Muhammad saw merupakan hari penting bagi umat Islam. Berdasarkan kalender masehi, 12 Rabiul Awal sebagai hari kelahiran nabi jatuh pada 8 Oktober 2022.

Safriadi, S. SosI
Pj Keuchik Gampong Cot Mesjid

Ada beberapa tempat yang melaksanakan maulid tepat pada 12 Rabiul Awal, seperti di Kemukiman Lueng Bata, Banda Aceh. Menurut Pj Keuchik Gampong Cot Mesjid, Kecamatan Lueng Bata, Safriadi, S. SosI, sudah menjadi tradisi pelaksanaan maulid selalu dimulai oleh tingkat kemukiman.
Setelah itu baru diikuti oleh sembilan gampong dengan tetap membagi dan mengatur jadwal masing-masing sehingga tidak beradu.

“Pelaksanaan maulid di Kemukiman Lueng Bata telah diatur sedemikian rupa. Ketua panitia dan wakil telah ditetapkan oleh kemukiman secara bergilir kepada keuchik dalam wilayah Kecamatan Lueng Bata,” ucap Safriadi.
Dia menjelaskan, pada 2021, Keuchik Gampong Lamdom menjadi ketua panitia maulid. Tahun 2022 giliran Keuchik Cot Mesjid. Sementara tahun 2023 Keuchik Gampong Lueng Bata akan mendapat giliran sebagai ketua panitia dan akan terus bergilir sampai sembilan gampong.
Persiapan maulid dilaksanakan sejak sebulan sebelum memasuki bulan Rabiul Awal. Panitia sudah dibentuk dengan mengadakan rapat dan di SK-kan oleh Imum Mukim Lueng Bata. Keuchik Gp Cot Mesjid sebagai Ketua Panitia akan dibantu oleh anggotanya yang berasal dari beberapa unsur dari gampong lain, termasuk dari pengurus kemukiman dan BKM Masjid Jami’ Lueng Bata.

“Tahun ini peringatan maulid di Lueng Bata lebih semarak, mungkin karena situasi dan kondisi yang sudah bebas dari covid-19, sehingga masyarakat lebih leluasa dalam berpartisipasi. Tahun ini lebih banyak donatur yang menyumbang hidangan sehingga nampak lebih semarak,” ujar Safriadi.

Tgk Abdullah Umar
Pimpinan Balai Pengajian Darussa’adah

Hal senada disampaikan Pimpinan Balai Pengajian Darussa’adah Tgk Abdullah Umar, Perumahan Cinta Kasih Neuheun, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.
Menurutnya, peringatan maulid tepat di tanggal 12 Rabiul Awal akan lebih menyentuh batin seseorang. Persiapan dimulai tiga bulan sebelumnya.

“Kelebihan maulid dihari H, batin kita lebih terasa cinta dan rindu kepada Rasulullah shalallahu alaihi wassalam, sehingga kita juga selalu mengadakan zikir maulid yang sudah depersiapkan jauh-jauh hari sesuai Kitab Barzanji,” ungkap Tgk Abdullah kepada Gema, Rabu (12/10).

Tgk Abdullah mengatakan tidak ada kendala memperingati maulid. Harapannya masyarakat dapat memperingati hari lahir nabi sebagai bukti nyata sangat mengharapkan kehadiran nabi dan syariatnya.
“Banyak yang terjadi sekarang di masyarakat, orang selalu memperingati hari lahirnya junjungan kita Nabi Muhammad saw, tapi syariatnya jarang dilaksanakan dengan benar dan sungguh-sungguh,” tutupnya.

Waled Rusli Daud
Pimpinan Dayah Mishrul Huda Malikussaleh Lamjamee

Pimpinan Dayah Mishrul Huda Malikussaleh Lamjamee Waled Rusli Daud, menuturkan, pihaknya memperingati maulid dengan mengadakan kenduri dan berzikir. “Umat Islam perlu memperingati maulid sebagai ungkapan perasaan dan badan untuk memuliakan nabi, bukan hanya hati saja mencintai nabi, tetapi seluruh anggota tubuh juga mencintai nabi,” ujarnya.

Dalam sebuah hadis menyebutkan tidak sempurna iman umatku kecuali dia mengingat aku lebih daripada anaknya, orang tuanya, dan bahkan sekalian manusia. Dengan melaksanakan maulid senantiasa mendapatkan pahala dari Allah, besar kecilnya pahala tergantung pada niat.
Menurutnya, ada beberapa kelebihan memperingati maulid tepat pada 12 Rabiul Awal karena momentumnya pas di hari hari lahir nabi. Kemudian sebagai syiar dan pelajaran tentang hari lahir, kehidupan, dan sejarah wafatnya nabi.

“Tetapi terkadang sebagian masyarakat belum merayakan pada tanggal tersebut karena belum ada persiapan, tetapi seandainya ada persiapan itu lebih bagus diperingati,” ujarnya. (Jannah)

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

PGRI Apresisasi Program Satu Gampong Satu Sarjana

Gemabaiturrahman.id, Calang — Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Aceh Jaya mengapresiasi peluncuran Program Satu Gampong Satu Sarjana (SGSS) yang dilaunching Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya

Gema Meusyeuhu

Dengon bismillah lon sambong nazam Didalam koran Tabloid Gema Lagak irama tabeut al-Quran Aleh dengon lam beuna meubeda Lagak ‘oh uroe mata uroe trang Lagak

Mensyukuri Persaudaraan

Gema, 14 Maret 2018 Oleh Dr. Sri Suyanta (Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry) Saudaraku, sebagai makhluk sosial dalam mengarungi kehidupan ini

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman