Tarhib Ramadhan

Gema JUMAT, 27 Mei 2016 Oleh H. Basri A. Bakar Dari Anas bin Malik r.a. berkata, bahwa Rasulullah SAW apabila masuk bulan Rajab selalu berdoa, ”Allahuma bariklana fii Rajab wa Sya’ban, wa balighna Ramadan.” Artinya, ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikan usia kami ke bulan Ramadhan. (HR. Ahmad dan Tabrani) … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Gema JUMAT, 27 Mei 2016
Oleh H. Basri A. Bakar
Dari Anas bin Malik r.a. berkata, bahwa Rasulullah SAW apabila masuk bulan Rajab selalu berdoa, ”Allahuma bariklana fii Rajab wa Sya’ban, wa balighna Ramadan.” Artinya, ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikan usia kami ke bulan Ramadhan. (HR. Ahmad dan Tabrani)
Tanpa terasa sepuluh hari lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan yang penuh maghfirah. Beruntunglah kita masih berjumpa dengan Ramadhan tahun ini sehingga dapat mendapatkan berbagai kelebihan dan keutamaannya. Doa kita setahun lalu untuk berjumpa lagi dengan tamu agung Ramadhan dikabulkan Allah. Namun sangat rugi bila orang-orang yang memasuki Ramadhan tidak mendapatkan apa-apa baik terhadap iman maupun amalan-amalan kebajikan.
Dimana-mana bulan Ramadhan disambut dan disemarakkan dengan acara tarhib Ramadhan yang dimaknai untuk berbenah diri, membersihkan hati dan mempererat kembali tali silahturrahim dengan sanak famili. Sebagian orang menyambut Ramadhan dengan persiapan berupa kecukupan pangan dan logistik yang memadai selama sebulan. Istilah tarhib yang dalam bahasa Indonesia diartikan dengan “menyambut” memiliki makna filosofis yang cukup mendalam, yang berarti sesuatu yang memang kita tunggu-tunggu kehadirannya yaitu tamu Agung Ramadhan.
Kaitan dengan hal tersebut, yang lebih penting dalam menyambut Ramadhan adalah mempersiapkan keimanan berupa pengendalian diri sejak sekarang untuk tidak melakukan maksiat, seperti menjaga pandangan dan lain-lain. Dengan demikian latihan yang mulai dipraktekkan untuk menahan diri pada bulan Sya’ban, akan memudahkan kita menahan diri di bulan Ramadhan sehingga ibadah shaumnya jadi sempurna.
Persiapan lain yang juga penting adalah Jasadiyah (jasmani) yaitu tubuh yang sehat sehingga mampu melaksanakan perintah puasa dan amalan sunah lainnya yang dilipatgandakan pahala oleh Allah. Persiapan fisik bisa dilakukan dengan cara mengatur pola makan, berolah raga secara rutin dan istirahat yang teratur. Semoga kedatangan Ramadhan tahun ini tetap kita sambut dengan sukacita dan memperbanyak amal ibadah baik pada siang maupun malam hari.
 
 
 
 

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Menyemarakkan Ramadhan di Masjid

GEMA JUMAT, 3 MEI 2019 Bulan Ramadhan sudah di depan pintu. Umat Islam sedunia sedang menantikan kehadirannya penuh duka cita. Ramadhan sendiri merupakan momentum terbaik

Maulud

GEMA JUMAT, 16 NOVEMBER 2018 Oleh: Murizal Hamzah Pekan depan, 20 November adalah Hari Libur Nasional. Pasalnya, pada tanggal itu bertepatan dengan 12 Rabi’ul Awwal

Mensyukuri Islamisasi

Muhasabah 8 Rabiul Akhir 1440 Saudaraku, di antara peran ulama dalam kapasitasnya sebagai waratsat al-anbiya adalah peran dakwah. Tidak saja terbatas di negeri sendiri di

Panitia Daerah MTQ Adakan Rakerda LPTQ di Simeulue

Acara ini merupakan rangkaian dari Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-36 Aceh di kabupaten itu dibuka Penjabat (Pj) Bupati Simeulue, Ahmadlyah SH, yang diwakili Syafrinudin SH MH selaku Asisten III Setdakab Simeulue.

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman