BreakingNews

Utamakan Layanan Terbaik untuk Jama’ah

Kepala Subbag Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelola Masjid Raya Baiturrahman (MRB), Saifan Nur, S. Ag M.Si  mengatakan selama tahun 2021, ada beberapa kegiatan Pemerintah Aceh yang masih dilaksanakan di Masjid Raya oleh UPTD Pengelola MRB Menurut penjelasan Saifan, sebelumnya Pemerintah Aceh pada masakepemimpinan Gubernur Zaini Abdullah telah menggelontorkan anggaran senilai Rp 458 miliar  untuk … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Kepala Subbag Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelola Masjid Raya Baiturrahman (MRB), Saifan Nur, S. Ag M.Si

Kepala Subbag Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelola Masjid Raya Baiturrahman (MRB), Saifan Nur, S. Ag M.Si  mengatakan selama tahun 2021, ada beberapa kegiatan Pemerintah Aceh yang masih dilaksanakan di Masjid Raya oleh UPTD Pengelola MRB

Menurut penjelasan Saifan, sebelumnya Pemerintah Aceh pada masakepemimpinan Gubernur Zaini Abdullah telah menggelontorkan anggaran senilai Rp 458 miliar  untuk merenovasi Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Masjid kebanggaan rakyat Aceh yang menjadi salah satu masjid terindah dan bersejarah di dunia ini, landscape baru yang dibangun diharapkan akan memberikan kenyamanan dan ketenangan yang mendalam untuk beribadah.

Tahun 2021 ini juga dilakukan renovasi sejumlah lantai halaman Masjid, Pagar belakang arah kiblat serta gudang.

Selain melakukan sejmlah pembenahan Sistem administarasi di UPTD Pengelola MRB, pihaknya juga melakkan sejumlah realisasi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) untuk Masjid Raya Baiturrahman. BLUD merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah atau Unit Kerja pada Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungan pemerintah daerah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan semata.

Ia menambahkan, dalam memebri pelayanan terbaik kepada jamaah, UPTD Masjid Raya akan mengajukan beberapa regulasi pengelolaan kepada Gubernur sebagai Kepala Pemerintahan Aceh.

Jangan Menjauhi Jamaah

Keuchik Gampong Kp. Baru Tgk. Marwan Yusuf

Keuchik Gampong Kp. Baru Tgk. Marwan Yusuf mengatakan Masjid Raya Baiturrahman selama ini terkesan jauh dari jamaah dan lingkungan sekitarnya. Padahal, kehebatan sebuah Masjid bukan hanya diukur dari keindahan, kemegahan dan kemuliaan bangunannya saja, tapi bagaimana pelayanan Masjid kepada Jamaah dan masyarakat sekitarnya.

“Saya selaku Geuchik Gampong Kp. Baru, dimana Masjid Raya itu berada, belum diajak terlibat apapun untuk kemaslahatan Masjid dan Jamaah,” ungkap Tgk Marwan yang juga Ketua Pengajian Tastafi Masjid Raya, kepada Gema Baiturrahman, Kamis (16/12).

Menurut Tgk Marwan, sebenarnya dengan adanya saling koordinasi dengnan pihak gampong, banyak hal yang dapat dibenahi bersama-sama, apalagi menyangkut kenyamanan dan ketentraman para Jamaah yang setiap waktu keluar masuk Masjid.

Ia meyakini bahwa kemampuan para pengurus di Masjid Raya punya kapasitas, profesional dan berkopenten dalam program kemakmuran Masjid dan pelaynan kepada jama’ah.” Akan tetapi, jika pengurus Masjid bekerja sendiri-sendiri dan menafikan para jamaah dan lingkungannya, sudah pasti tidak akan ketemu pada satu jalan dan tujuan,” kata dia mengibaratkan.

Untuk itu, pihaknya berharap seluruh jajaran Pengurus Masjid Raya, baik mulai dari Khadam, paling bawah  sampai para Imam harus kompak dan punya visi yang sama dalam memberi pelayanan terbaik kepada para jama’ah.

, Zein Surya, Konsultan BLUD Masjid Raya Baiturrahman

Sementara itu, Zein Surya, Konsultan BLUD Masjid Raya Baiturrahman, yang dihubungi Gema Baiturrahman, Kamis, (16/12) mengapresiasi sejumlah keberhasilan dilakukan pihak UPTD BLUD Masjid Raya selama ini. “Secara keseluruhan bagus sudah mulai on track, bahwa masih ada kurang sedikit disana-sini, itu kita dapat dibenahi,” ujarnya.

Ia melanjutkan, dengan syarat bahwa semua pihak terkait punya visi yang sama dalam memuliakan Masjid dan sama-sama melakukan pembenahan ke arah positif. “Agar kebanggaan dan kecintaan kita atas mesjid raya semakin baik,” jelasnya singkat. (Marmus)

 

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

Sembako Ramadhan bagi Warga

Menjelang Ramadhan 1442 H, warga Gampong (Desa) Tumbo Baro Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar mendapatkan sembako cuma-cuma dari Pemerintahan Gampong yang diserahkan langsung oleh

Kesadaran Bertaubat

Disebutkan dari Abu Hurairah r.a. ia berkata : Bahwa pada suatu malam setelah aku selesai shalat Isya` bersama Rasulullah SAW di akhir waktu, aku keluar

Tradisi Wakaf Masa Lalu dan Zaman Now

GEMA JUMAT, 19 JANUARI 2018 Ust. Masrul Aidi, Lc Ust. Masrul Aidi (41 tahun) ikut memberi komentar terhadap fenomena wakaf saat ini atau istilah kerennya

Mensyukuri Al-Muqaddim

Oleh Dr. Sri Suyanta (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Muhasabah 29 Muharam 1440 Saudaraku, dalam mengarungi hidup dan kehidupan ini, kita mesti bijak

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman