BreakingNews

Wahdah Islamiyah Bangun Sekolah Anak Rohingya

Gema, 27 Januari 2018 Banda Aceh (Gema) –  Krisis Rohingya mengakibatkan sedikitnya 340 ribu anak terlantar di kamp pengungsian Bangladesh. Bahkan lebih dari 60 persen anak-anak Rohingya berusia antara lima dan 17 tahun tidak pernah bersekolah. Kemiskinan dan akses pendidikan yang tidak memadai menjadi faktor utama penyebab hal itu terjadi. Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah … Read more

...

Tanya Ustadz

Agenda MRB

Gema, 27 Januari 2018
Banda Aceh (Gema) –  Krisis Rohingya mengakibatkan sedikitnya 340 ribu anak terlantar di kamp pengungsian Bangladesh. Bahkan lebih dari 60 persen anak-anak Rohingya berusia antara lima dan 17 tahun tidak pernah bersekolah. Kemiskinan dan akses pendidikan yang tidak memadai menjadi faktor utama penyebab hal itu terjadi.
Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah (LAZIS) Wahdah dalam berbagai bentuk kegiatannya di kamp pengungsian Bangladesh, membangkitkan Rohingya dengan pendidikan. Sejarah telah mencatat, perjuangan atas keadilan dan hak-hak dasar manusia itu banyak dipelopori oleh para kaum terdidik.
Syahruddin C.Asho, Direktur Utama LAZIS Wahdah mengatakan, pihaknya telah mendapatkan lokasi tanah wakaf khusus untuk bangunan sekolah permanen. Lokasinya tidak jauh dari perbatasan Bangladesh-Myanmar, tepatnya di Jadimora, Nay Para, Tekhnaf-HWY, Cox’s Bazar, Bangladesh. “Pengungsi Rohingya telah lama berada di lokasi ini. Bahkan sebagiannya ada sejak tahun 1994 silam. Hal ini menunjukkan bahwa krisis kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya telah lama terjadi,” ujarnya, Jumat (26/1).
Ia menambahkan, tanah wakaf tersebut tidak luas. Tapi cukup untuk mendirikan enam ruang kelas. Di sana tidak mudah mendapatkan lokasi bangunan sekolah. yah, namun bisa untuk 6 ruang kelas nanti. Sekarang, lantai dua bangunan sedang dikerjakan. Ditargetkan dua hingga tiga bulan lagi selesai.
Sekolah yang dibangun atas donasi yang melalui LAZIS Wahdah tersebut bernama Sekolah Tahfizh Qur’an (STQ) Ummatan Wahidah, sekolah itu dibangun dengan harapan menjadi tempat belajar Alquran dan bahasa. Kemudian juga menjadi tempat belajar menghitung dan menulis bagi anak-anak pengungsi Rohingya sebagai bekal masa depan.
“Atas nama kemanusiaan dan umat beragama, kami akan terus mengantarkan kepada anda program-program yang baik, dan layak untuk membantu mengangkat derajat Rohingya,” paparnya. (Rel/Furqan)

Dialog

Tafsir dan Hadist

Dinas Syariat Islam

RAPUHNYA KEIMANAN

GEMA JUMAT, 9 NOVEMBER 2018 Prof. Dr. Tgk. H. Azman Ismail, MA (Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman) Surat al-Maidah ayat 52-53 Maka kamu akan melihat

PLO dan Hamas Kecam Donald Trump

GEMA JUMAT, 24 AGUSTUS 2018 Ramallah (Gema) Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) pada Rabu (22/8) mengecam Presiden AS Donald Trump. Trump

Bahaya Judi Online

“Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang khamar dan judi. Katakanlah, ‘Pada keduanya terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia. Tetapi dosanya lebih besar daripada manfaatnya.

Menuju Islam Khaffah

Tabloid Gema Baiturrahman

Alamat Redaksi:
Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru,
Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh,
Provinsi Aceh – Indonesia
Kode Pos: 23241

Tabloid Gema Baiturrahman merupakan media komunitas yang diterbitkan oleh UPTD Mesjid Raya Baiturrahman

copyright @acehmarket.id 

Menuju Islam Kaffah

Selamat Datang di
MRB Baiturrahman